Respon Banjir di Jawa Tengah, Pos Medis Mobile DD Sasar 3 Kabupaten

indopos.co.id –  Hujan yang terus menerus terjadi sejak Minggu (25/10) kemarin menyebabkan banjir parah di tiga kabupaten, Kabupaten Banyumas, Kabupaten Cilacap dan Kabupaten Kebumen. Tercatat dari data BPBD ribuan warga terdampak di tiga lokasi ini. Ketinggian air bervariasi dari 30 Centimeter hingga 1,6 Meter dititik tertentu seperti Desa Mujur Lor dan Desa Gengtasari Kabupaten Cilacap, serta Kecamatan Alian, Puring dan Sido Mulyo Kebupaten Kebumen. Di Wilayah Kabupaten Banyumas hingga Jumat (30/10) pagi ini sejumlah warga masih mengungsi di tiga pos pengungsian di MI Desa Sida Mulya, MI Fathul Ulum, dan Masjdi Baitun Ni’mah Desa Sirau, Kecamatan Kemranjen.

Tiga Pos Medis Mobile dari Layanan Kesehatan Cuma-Cuma Dompet Dhuafa Jateng sudah dilokasi sejak Senin (26/10) malam. Selain melakukan layanan di Pos Pengungsian, tim medis yang digawangi Ns, Aan Julianto, S.Kep juga menyisir ke rumah-rumah warga yang bertahan dirumah. Keluhan gatal-gatal, pusing, tidak bisa tidur umum dikeluhkan warga terdampak banjir ditiga lokasi. Dukungan relawan kesehatan dari Dompet Dhuafa Volunteer dan Fakultas kedokteran Universitas Jenderal Soedirman membantu sekali dalam meberikan layanan kesehatan bagi para penyintas banjir.

Lebih dari 30 orang relawan medis terlibat dalam Pos Medis Mobil LKC Dompet Dhuafa ditiga Kabupaten yang dilanda bajir. Loksi layanan kesehatan keliling dilakukana ditempat-tempat yang aman dari banjir (daerah tinggi) dengan memanfaatkan lokasi yang lepang dan ventilasi udara bagus. Selain melibatkan puluhan relawan medis untuk Pos Medis, dalam respon banjir Dompet Dhuafa di tiga Kabupaten, Dompet Dhuafa juga mendirikan Dapur Umum, Pos Hangat, dan distribusi air bersih disejumlah titik banjir.

Baca Juga :

Satria Nova, Pimpinan Dompet Dhuafa Jateng mengatakan, tim akan berada dilokasi sampai banjir surut. “Insya Allah, tim akan berada di lokasi hingga kondisi darurat banjir di tiga kabupaten tersebut selesai. Ditengah pandemic Covid-19 tim medis dan para relawan yang tetap menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. Edukasi warga untuk tetap menggunakan masker dan mencuci tangan serta tidak membuat kerumuman juga dilakukan.” (mdo)

Berikut Posko Dompet Dhuafa untuk respon Banjir Kebumen, Cilacap, dan Banyumas
Posko Dompet Dhuafa:

Baca Juga :

Kab. Banyumas:
Kantor Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) Purwokerto
Dompet Dhuafa Jateng
Jl. Yayasan No.1 Berkoh, Kec. Purwokerto Selatan Kab. Banyumas Jateng
Call Center: wa.me/628112890287

Kab. Cilacap
Masjid Al Ikhlas RT 02 RW 04 Dusun Pecangakan, Desa Mujur Lor, Kec. Kroya, Kab. Cilacap Jateng.
Korlap Aan Julianto 0813-9343-3422

Kab. Kebumen
Pos Medis Mobile
Call Center: wa.me/628112890287

Komentar

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.