Gencarkan Sosialisasi Publik Saat Pandemi, Kementerian ATR/BPN Selenggarakan Pameran Virtual

indopos.co.id  – Rangkaian peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang Nasional (Hantaru) pada tahun ini sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya dikarenakan adanya wabah Covid-19. Namun, hal ini tidak mengurangi makna peringatan itu sendiri. Dengan memanfaatkan teknologi serta infrastrukturnya, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) menyelenggarakan pameran secara virtual.

“Kegiatan pameran virtual ini baru pertama kali dilakukan, jadi dapat dibilang bahwa efek dari pandemi Covid-19 telah mempercepat proses transformasi digital di Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional,” ujar Kepala Biro Hubungan Masyarakat Kementerian ATR/BPN, Yulia Jaya Nirmawati.

Kegiatan pameran virtual ini berlangsung dari tanggal 2-5 November 2020, yang dibuka secara resmi oleh Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional pada Senin, 2 November 2020, dengan booth virtual serta talkshow, dengan narasumber yang kompeten baik dari dalam maupun dari luar Kementerian. “Selain itu, pameran virtual ini juga menjadi sarana untuk melakukan penyebarluasan informasi tata ruang dan pertanahan sekaligus menjadi ruang komunikasi antara Kementerian ATR/BPN dengan publik serta stakeholder,” lanjut Kepala Biro Hubungan Masyarakat dalam keterangannya, Sabtu (31/10/2020).

Pameran virtual ini diikuti oleh sembilan unit kerja di lingkungan Kementerian ATR/BPN, yakni Sekretariat Jenderal, Direktorat Jenderal Tata Ruang, Ditjen Survei dan Pemetaan Pertanahan dan Ruang, Ditjen Penetapan Hak dan Pendaftaran Tanah, Ditjen Penataan Agraria, Ditjen Pengadaan Tanah dan Pengembangan Pertanahan, Ditjen Pengendalian dan Penertiban Tanah dan Ruang, Ditjen Penanganan Sengketa dan Konflik Pertanahan dan Inspektorat Jenderal. Selain itu ada enam Kantor Wilayah BPN Provinsi yang juga ikut berpartisipasi dalam pameran virtual ini yaitu Kanwil Provinsi Banten, Kanwil Provinsi DKI Jakarta, Kanwil Provinsi Jawa Barat, Kanwil Provinsi Jawa Tengah, Kanwil Provinsi DI Yogyakarta serta Kanwil Provinsi Jawa Timur,” kata Kepala Biro Hubungan Masyarakat.

Lebih lanjut, Yulia Jaya Nirmawati mengungkapkan banyak konten dan materi menarik dalam pameran virtual nanti. “Konten maupun materi pameran virtual nanti berisi pelaksanaan kegiatan, inovasi serta success story dari program Kementerian ATR/BPN. Salah satu contohnya adalah aplikasi dalam rangka peningkatan kinerja ataupun pelayanan seperti Survey Tanahku, Mobile e-office, Sentuh Tanahku, #TanyaATRBPN, GISTARU, Rencana Detail Tata Ruang Interaktif, Rencana Tata Ruang Online, Hak Tanggungan Elektronik, SIG TORA, Neraca Penggunaan Tanah, Penilaian Tanah Berbasis Bidang, Inventarisasi Tanah Instansi Pemerintah, serta Sistem Informasi Pengadaan Tanah,” ungkap Yulia Jaya Nirmawati.

“Sementara dari Kantor Pertanahan akan memamerkan inovasi layanan seperti SMS Blast Loket Elektronik Nyaman dan Terpercaya (Lentera), Ada juga Sertipikat Delivery Service (Sidesi), Layanan Tujuh Menit (Lantum), Layanan Moncer serta beberapa inovasi layanan yang dikembangkan oleh Kantor Pertanahan di Provinsi Jawa Barat, Provinsi DKI Jakarta serta Provinsi DI Yogyakarta,” sambung Yulia Jaya Nirmawati.

Baca Juga :

Seperti dikemukakan sebelumnya, pameran virtual ini juga diramaikan juga dengan talkshow. Talkshow dengan tema-tema menarik seputar isu-isu pertanahan yang berkembang di masyarakat kita. Salah satu contohnya, mengenai bank tanah serta layanan elektronik. “Masyarakat kan belum banyak yang mengetahui apa sih bank tanah itu, apa kaitannya dengan Kementerian ATR/BPN. Lalu, terkait layanan elektronik, tentu banyak yang ingin tahu layanan apa sih yang sudah dilayani secara elektronik. Ini semua dibahas tuntas dalam talkshow nanti,” kata Kepala Biro Hubungan Masyarakat.

Pasca disahkannya Undang-Undang Cipta Kerja (UU CK) oleh DPR RI, Kementerian ATR/BPN juga giat menyosialisasikan muatan dalam undang-undang ini, utamanya dalam klaster yang berkaitan dengan pertanahan dan tata ruang. Untuk itu, diakhir rangkaian talkshow nanti, akan diselenggarakan talkshow dengan tema Pasca UU Cipta Kerja: Kupas Tuntas Reformasi Perizinan Berbasis RDTR.

Sebagai informasi, untuk partisipasi dalam pameran virtual Kementerian ATR/BPN dapat mengeklik tautan https://virtualexpo2020.atrbpn.go.id (*)

Komentar

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.