Sampaikan Informasi Pelayanan JKN dan Update COVID-19, BPJS Kesehatan Rangkul Komunitas Hemodialisa Jakarta Barat

indopos.co.id – Informasi yang komprehensif terutama dalam hal hak peserta dalam Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan menjadi suatu hal penting. Tugas pemberian informasi dilaksanakan oleh BPJS Kesehatan secara optimal dalam rangka memenuhi amanat UU Nomor 24 Tahun 2011 tentang BPJS yang tertuang pada Pasal 10 huruf g .

Inilah yang mendasari BPJS Kesehatan untuk memberikan sosialisasi mengenai Pelayanan JKN dan Update COVID 19 dalam rangka Kegiatan Pengelolaan Harapan Peserta Berbasis Komunitas. ”BPJS Kesehatan mengundang pasien rutin hemodialisa dan tenaga kesehatan dari Klinik Raycare untuk mengikuit kegiatan Pengelolaan Harapan Peserta Berbasis Komunitas, dalam hal ini adalah Komunitas Pasien Hemodialisa. Pada kegiatan ini, kami melakukan edukasi mengenai Pelayanan JKN dan isu-isu terbaru mengenai COVID-19 yang dapat menambah informasi dan pengetahuan komunitas,” jelas Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Barat Desi Muflihatun, ditemui di Jakarta Barat, Senin (2/11/2020).

Desi menjelaskan pelaksaan kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk pemberian informasi langsung kepada peserta sehingga BPJS Kesehatan dapat meningkatkan pemahaman peserta. Desi berharap pemberian informasi ini juga dapat meningkatkan kualitas pelayanan BPJS Kesehatan kepada peserta. ”Hemodialisa merupakan salah satu pelayanan kesehatan katastropik yang diselenggarakan rutin bagi peserta yang membutuhkannya. Melalui komunitas ini semoga informasi yang kami sampaikan tidak berhenti sampai di sini saja, harapan kami mereka dapat menjadi kepanjangan tangan BPJS Kesehatan untuk dapat menyampaikan kembali infromasi ini kepada keluarga dan lingkungan di mana mereka tinggal. Sehingga, peserta dapat memahami penyelenggaraan Program JKN dan dengan baik dan menghindari penularan COVID-19. Jadi, ketika mereka membutuhkan pelayanan kesehatan mereka dapat mengetahui dengan pasti prosedur dan persyaratan yang harus dipenuhi,” tutur Desi.

Salah satu peserta yang hadir pada kegiatan tersebut adalah Ferdiansyah. Ferdiansyah merupakan salah satu peserta JKN-KIS yang berdomisili di wilayah Kota Administrasi Jakarta Barat yang rutin menjalankan cuci darah di Klinik Raycare sejak BPJS Kesehatan berdiri pada tahun 2014. Menurut Ferdiansyah, kegiatan sosialisasi yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Barat adalah kegiatan yang bermanfaat bagi peserta.

”Edukasi mengenai COVID dan Pelayanan JKN ini bagus, jadi kami bisa menambah wawasan, terutama mengenai pencegahan khususnya bagi saya yang merupakan pasien cuci darah, karena pasien cuci darah termasuk sebagai salah satu komorbit, lebih rentan terkena risiko COVID-19. Jadi kami bisa lebih berhati-hati,” tutur Ferdiansyah.

Menurut Ferdiansyah, setelah mendengarkan sosialisasi yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan, wawasannya menjadi lebih terbuka dan jelas dari isu-isu yang hadir di media sosial yang simpang siur dan masih belum pasti kebenarannya. Ferdiansyah menjadi yakin mengenai keberadaan dan wawasan yang diterimanya karena narasumber pada kegiatan tersebut adalah ahli dalam bidangnya.

”Selama ini saya rutin menjalani cuci darah di Klinik Raycare menggunakan Program JKN. Sejak tujuh tahun hingga saat ini saya menjalani perawatan di Klinik Raycare karena pelayanan yang bagus dan saya sudah mengenal hampir semua orang di sana. Sudah seperti keluarga sendiri,” kata Ferdiansyah sambil tersenyum menutup pembicaraan. (dni/adl)

Komentar

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.