PN Jakpus Sidangkan Terdakwa Keterangan Palsu dan Duplikasi Sertifikat

indopos.co.id – Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat (Jakpus), menggelar sidang kedua kasus dugaan tindak pidana keterangan palsu yang dilakukan terdakwa ET terkait sumpah dan keterangan palsu dalam akta otentik (sertifikat) sesuai pasal 242 dan pasal 266 KUHP, Senin (2/11/2020). Sidang kedua kasus ini beragendakan eksepsi dari terdakwa ET.

“Apakah eksepsi sudah siap, apakah mau dibacakan atau dianggap sudah dibacakan? Apa penuntut umum keberatan? Kalau tidak keberatan silakan diserahkan,” ujar Ketua Majelis Hakim saat sidang di PN Jakarta Pusat.

Setelah berkas eksepsi diserahkan kuasa hukum terdakwa, Ketua Majelis Hakim menanyakan apakah waktu seminggu cukup bagi Jaksa Penuntut Umum (JPU) untuk membuat tanggapan atas eksepsi terdakawa.

“Cukup Yang Mulia,” jawab JPU. Mendengar jawaban tersebut, Ketua Majelis Hakim pun menunda sidang untuk dilanjutkan kembali pada Senin (9/11/2020). “Dengan ini sidang ditunda sampai tanggal 9 November,” ujar Ketua Majelis Hakim seraya mengetuk palu.

Baca Juga :

Sementara itu, Herna Tan SH selaku kuasa hukum pelapor Sukmawan Salawidjaja menyebut sertipikat itu hanya alat memperdaya kliennya.

“Nilai sertipikat itu juga nggak sebanding. Ditambah lagi ET melaporkan kehilangan sertipikat tersebut ke Polres Metro Jakarta Pusat, sehingga terbitlah duplikatnya,” pungkasnya. (dai)

 

Baca Juga :

Komentar

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.