Alexa Metrics

Warga Sekitar Pelabuhan Patimban Dilatih Kewirausahaan

Warga Sekitar Pelabuhan Patimban Dilatih Kewirausahaan Ilustrasi
indopos.co.id – Kementerian Perhubungan menggandeng JICA (Japan Internasional Cooperation Agency) memberikan program pelatihan kewirausahaan bagi warga sekitar Pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat. Program ini dilakukan secara bertahap dan dirasakan sangat bermanfaat bagi warga seperti nelayan, petani dan para pedagang disekitar Pelabuhan Patimban.
“Jadi masyarakat sekitar seperti para nelayan, petani dan pedagang bisa menambah pengetahuan dan keterampilan. Itu dapat menjadi alternatif untuk meningkatkan soft-skill bagi masyarakat yang ingin berwirausaha maupun menjadi tenaga kerja di pelabuhan,” ujar Direktur Jenderal Perhubungan Laut R. Agus H. Purnomo di Jakarta, Rabu (4/11/2020).
Menurutnya, program pelatihan ini telah mulai dilaksanakan sejak tahun 2018 dan dilakukan secara bertahap.
“Sampai saat ini, dari pelatihan yang diberikan jumlah peserta yang mengikuti sebanyak 2.321 orang yang terdiri dari 1.517 nelayan dan 1.765 warga lainnya,” jelas Dirjen Agus
Adapun program pelatihan yang telah dilaksanakan antara lain Pelatihan Jasa Usah Makanan (Kuliner), Pelatihan Basic Safety Training, Pelatihan Perakitan dan Pemasangan Jaring Rampus Kecil, Pelatihan Pengelasan, Pelatihan Security, Pelatihan Pengoperasian Forklift, Pelatihan Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM), dan Pelatihan Cleaning Service.
“Masih terdapat 4 (empat) pelatihan lagi yang belum dilaksanakan, yaitu Pelatihan Urban Farming, Pelatihan Tiga Jenis Produk Daging Sapi, Pelatihan Pengembangan Usaha Food Court dan Pelatihan Budidaya Lele,” pungkasnya. (dai)



Apa Pendapatmu?