Alexa Metrics

Angka Pengangguran di Kabupaten Bekasi Naik

Angka Pengangguran di Kabupaten Bekasi Naik Ilustrasi kawasan industri di Kabupaten Bekasi. DOK Indopos

indopos.co.id – Dampak COVID-19 mulai sangat terasa di Kabupaten Bekasi. Angka pengangguran di wilayah yang dipimpin Bupati Bekasi Eka Supri Atmadja itu meroket.

“Ada kenaikan angka pengangguran. Ditambah lagi angka kelulusan tahun 2020 cukup banyak yakni kurang lebih 15 ribu,” kata Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Bekasi, M Suhup, Rabu (11/11/2020).

Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Barat mencatat angka pengangguran mengalami peningkatan 2,54 persen pada 2019-2020. Pasalnya, di tahun 2019 presentase pengangguran hanya 9,00 persen dan di tahun 2020 mengalami kenaikan menjadi 11,54 persen.

Meski begitu, Suhup menambahkan, angka kenaikan tidak terlalu signifikan. Hanya saja, Suhup mengaku belum mengetahui secara detail angka kenaikan tersebut.

“Angka penangguran sebelumnya 8,94 persen, tapi untuk yang sekarang belum tahu. Karena kami kesulitan minta data itu ke perusahaan,” katanya.

Untuk itu, kata dia, di tahun 2021 akan memperbanyak pelatihan bagi para calon tenaga kerja. Karena banyak perusahaan yang menganggap kualitas masyarakat Bekasi masih rendah.

“Kami akan turun ke lapangan, untuk buka lowongan kerja khususnya untuk masyarakat Bekasi,” katanya. (vit/dny)



Apa Pendapatmu?