Tips Memilih Smartphone untuk SFH, Gak Susah Kok!

indopos.co.id – Tips memilih smartphone untuk SFH atau School From Home ini memang gampang-gampang susah. Apalagi saat ini harga smartphone cukup bervariasi dan relatif mahal.

Akan tetapi, jika kamu teliti dalam memilihnya, sejatinya kamu bisa menemukan smartphone yang tepat dan punya harga yang ramah di kantong.

Seperti diketahui, hingga kini pandemi Covid-19 tak kunjung hilang. Hal tersebut menjadikan segala aktivitas khususnya kegiatan belajar mengajar dilakukan secara virtual.

Hal tersebutlah yang menjadikan para pelajar perlu memiliki perangkat yang memadai seperti smartphone. Nah, untuk kamu yang kesulitan mencari smartphone yang tepat, berikut kami hadirkan tips hemat untuk dukung SFH.

Baca Juga :

Beli Smartphone Dengan Paket Bundling

Sebelum berbicara memilih smartphone, hal lain yang perlu diperhatikan adalah adanya ketersediaan akses internet yang memadai. Untuk itu, akan lebih baik jika kamu membeli smartphone yang dilengkapi dengan paket bundling dari operator seluler.

Baca Juga :

Dengan adanya paket bundling ini, kamu juga bisa lebih menghemat uang dan bisa menggunakannya untuk keperluan yang lain. Perlu diperhatikan juga, kamu perlu memilih operator seluler yang punya kualitas jaringan yang baik dan punya coverage yang luas.

Spesifikasi Bukanlah yang Utama

Untuk kebutuhan SFH, spesifikasi smartphone yang gahar bukanlah alasan yang utama dalam memilih ponsel yang tepat.

Pasalnya, untuk kebutuhan SFH kamu tidak memerlukan smartphone dengan kelas smartphone gaming. Kamu juga tidak memerlukan smartphone yang punya RAM besar, lantaran aplikasi SFH seperti Google Classroom, Zoom dan Microsoft Teams bisa kamu jalankan di ponsel yang memiliki spesifikasi standar, bahkan kelas low end.

Kamera Jernih dan Memadai

Disarankan, kamu memilih smartphone dengan kualitas kamera yang cukup baik. Tidak perlu memiliki resolusi hingga 108 MP asal masih memadai, rasanya sudah cukup.

Fitur kamera dibutuhkan untuk meningkatkan interaksi antara guru dan murid ketika kegiatan SFH tengah berlangsung. Setidaknya, resolusi kamera depan minimal 5MP sudah cukup untuk meningkatkan experience saat kegiatan belajar virtual ini.

Harga yang Terjangkau

Tips Memilih Smartphone Untuk SFH yang paling penting adalah tentu saja harganya yang sesuai dengan kantong kamu. Smartphone dengan harga terjangkau dan memiliki spesifikasi yang pas untuk belajar online memang cukup jarang ditemukan.

Tetapi, ini bukan khayalan loh. Pasalnya telah memberikan solusi dengan menghadirkan program Semangat Tetap Sekolah dimana salah satu smartphonenya yakni Samsung Galaxy A01 Core hadir dilengkapi dengan paket bundling dari Indosat.

Smartphone ini ditopang oleh prosesor MediaTek MT6739 dengan dukungan RAM 1GB dan penyimpanan internal sebesar 16GB atau kamu juga memilih varian dengan memori lebih besar yaitu RAM 2GB dan 32GB. Kamu juga tidak perlu khawatir ponsel ini akan lemot, pasalnya Galaxy A01 Core sudah disandingkan dengan OS Android Go yang sangat enteng dan ditujukan untuk ponsel dengan spesifikasi yang rendah.

Selain itu, smartphone ini juga resolusi kamera yang cukup yakni 5MP untuk kamera depan dan 8MP untuk kamera belakang serta dukungan baterai yang mencapai 3000 mAh.

Lewat program Samsung Semangat Tetap Sekolah, Galaxy A01 Core dapat diperoleh hanya dengan harga Rp. 999.000,- untuk varian 1/16GB dan Rp. 1.149.000,- untuk varian 2/32GB. Pembeli akan mendapatkan bonus kuota internet hingga 24GB selama setahun dari Indosat Oreedoo, cukup dengan melakukan pengisian ulang Rp. 20.000,- setiap bulan. Bonus kuota ini tidak akan memotong nominal pulsa yang diisi oleh pelanggan.
Bahkan pengguna bisa mendapatkan tambahan paket kuota internet IMClass sebesar 30GB dengan cukup membayar Rp. 1,- berlaku satu kali pembelian. Kuota IMClass dapat digunakan untuk mengakses beragam aplikasi pembelajaran seperti Ruang Guru, Quipper, Sekolahmu, Rumah Belajar, Zenius serta akses ke situs 300 perguruan tinggi di Indonesia. Untuk para orang tua, tidak perlu khawatir karena diluar aplikasi tersebut, kuota internet IMClass tidak dapat digunakan untuk mengakses aplikasi atau situs lainnya. (mdo)

Komentar

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.