Pandemi COVID-19, Pariwisata ASEAN Anjlok 71 Persen

indopos.co.id – Dampak pandemi COVID-19, menurunkan secara tajam sejumlah sektor ekonomi di kawasan ASEAN.

Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi, mengatakan kemerosotan sektor ekonomi kawasan itu disampaikan Sekjen ASEAN Lim Jock Hoi, saat pertemuan KTT ke-37 ASEAN yang dilaksanakan secara virtual Kamis (12/11/2020).

Baca Juga :

“Situasi berat yang dihadapi oleh kawasan di mana pariwisata turun 71 persen, perdagangan turun 12 persen dan FDI turun 33 persen. Namun Sekjen ASEAN melaporkan juga bahwa ASEAN terus bekerja keras menjaga optimisme dan kerja sama dan hasilnya mencapai kemajuan di tiga pilar ASEAN, baik pilar politik, ekonomi dan sosial budaya,” ujar Menlu Retno Marsudi di Jakarta, Jumat (13/11/2020).

Retno menyebutkan, prioritas penanganan dampak pandemi COVID-19 di ASEAN, akan fokus pada tiga prioritas. Yaitu, menjamin pondasi pemulihan secara tepat, mengembalikan produktivitas yang lebih tinggi, serta terciptanya komunitas ASEAN yang lebih baik dan terintegrasi.

Pada KTT ke-37 ASEAN itu, selain para pemimpin ASEAN termasuk Presiden Joko Widodo, turut hadir juga Dirjen Organisasi Kesehatan Dunia WHO. “Dirjen WHO menyampaikan perkembangan kasus COVID-19 di dunia yang sudah lebih dari 50 juta, angka kematian lebih dari 1,5 juta.

Dirjen WHO menghargai respon ASEAN yang dinilai efektif dengan komitmen yang tinggi dan terbuka untuk saling belajar. Dirjen WHO juga menyambut baik sejumlah inisiatif ASEAN antara lain ASEAN Comprehensif Recovery framework dan ASEAN Regional of medical Supplies Public Health Emergency,” ujar Retno. (dni)

Baca Juga :

Komentar

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.