Kali Jambe Tertutup Sampah 100 Ton

indopos.co.id – Tumpukan sampah di kolong Jalan Tol Jakarta Ciampek tepatnya aliran Kali Jambe Kelurahan Jati Mulya, Kabupaten Bekasi sudah memprihatinkan. Sebab, sampah itu sudah menggenangi permukaan kali sepanjang 500 meter.
“Sampah yang tertimbun di aliran Kali Jambe itu sudah sepanjang 500 meter, diduga dari kiriman banjir,” kata Camat Tambun Selatan, Djunaefi, Selasa (17/11/2020)
Baca Juga :
Kebanyakan sampah yang tergenang di aliran itu, kata dia, dari sampah organik, plastik, maupun endapan lumpur. Akibatnya, endapan sampah itu sudah menyerupai daratan.
“Ini sampah kiriman juga kami menduga berasal dari pembuangan sampah secara sengaja oleh oknum yang tidak bertanggung jawab,” katanya.
Saat ini, kata dia, pihaknya sudah melakukan pembersihan sungai dari tumpukan sampah. Sebanyak 100 petugas diterjunkan petugasb untuk mengangkut sampah yang berhasil diambil dari aliran sungai.
“Volume sampah yang ada di kolong tol ini kemungkinan 100 ton, didominasi sampah rumah tangga,” katanya.
Rencananya, dalam dua hari kedepan kata Junaefi, sampah sudah bisa diangkut semua. Seluruh sampah itu akan dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Burangkeng. “Saya juga mengimbau kepada warga untuk tidak membuang sampah sembarang,” imbuhnya. (dny)

Komentar

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.