Ketua MPR RI Apresiasi Upaya Bea Cukai Soekarno-Hatta Mengedukasi UMKM

indopos.co.id  – Kepala Bea Cukai Soekarno-Hatta, Finari Manan beserta jajarannya menyambut kedatangan Ketua Majelis Permusyawartan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) Bambang Soesatyo, Rabu (11/11), untuk meninjau proses bisnis dan kinerja Bea Cukai yang berperan penting dalam pemulihan ekonomi nasional (PEN).

Bambang memberikan apresiasi atas langkah Bea Cukai Soekarno-Hatta yang terjun langsung memberikan edukasi dan informasi ke berbagai pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) untuk mengekspor berbagai produk-produk lokal ke luar negeri.

Bambang menyampaikan, PEN menjadi konsentrasi Pemerintah Pusat untuk mengatasi perlambatan ekonomi di masa pandemi. “Pendampingan UMKM secara lebih instensif menjadi salah satu program dalam PEN tersebut,” ujarnya.

Menurut Bambang, selama ini kalangan UMKM terkesan takut berurusan dengan Bea Cukai. Karena membayangkan akan menghadapi kesulitan proses perizinan ekspor.

Baca Juga :

Bea Cukai Mengudara Basmi Rokok Ilegal

“Dengan terjun langsung ke kalangan UMKM, Bea Cukai Soetta telah membuktikan bahwa mereka adalah lembaga pelayanan publik. Bukan lembaga dengan izin berbelit. Jadi, UMKM tidak perlu takut berurusan dengan Bea Cukai,” kata Bamsoet.

Kepala Kantor Bea Cukai Soetta, Finari manan menjelaskan bahwa dengan terjun langsung ke UMKM, pihaknya telah meningkatkan kepercayaan diri pelaku UMKM untuk menembus pasar internasional. “Beberapa UMKM yang kami kunjungi seperti produk batik, kelapa, gula aren, dan tas kulit tentunya akan mampu bersaing di pasar mancanegara,” tutur Finari.

Baca Juga :

Menurut Finari, banyak UMKM yang menghasilkan produk berkualitas dan berpotensi untuk diekspor ke luar negeri, sehingga peranan Bea Cukai sangat penting untuk memberi asistensi terhadap produk-produk lokal ini.

“Sudah bukan zamannya lagi Indonesia dibanjiri barang impor. Justru sebaliknya, kitalah yang harus membanjiri pasar dunia dengan barang hasil produksi Indonesia,” tegas Finari.

Kunjungan juga ini juga turut dihadiri oleh Kapolres Bandara Soekarno Hatta Kombes Adi Ferdian Saputra, Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta Agus Haryadi, dan Vice President Ground Service PT Garuda Indonesia Engelin Yolanda Kardinal. (adv)

Komentar

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.