Alexa Metrics

Dapat Fasilitas GSP, Luhut Ucapkan Terima Kasih kepada Trump di Gedung Putih

Dapat Fasilitas GSP, Luhut Ucapkan Terima Kasih kepada Trump di Gedung Putih BANGGA BERTEMU – Donald Trump saat menerima Luhut Binsar Pandjaitan. (DOK Humas Kemenko Marves)

indopos.co.id – Dalam kunjungannya ke Amerika Serikat (AS), Menko Maritim dan Investasi (marves) Luhut Binsar Pandjaitan diberi kesempatan untuk menemui Presiden AS Donald Trump di Gedung Putih Washington DC.

Saat menerima Luhut, Trump didampingi Ibu negara AS Ivanka Trump, penasehat khusus Jared Kushner, serta Chief Executive Officer U.S. International Development Finance Corporation (CEO IDFC) Adam Boehler. Saat bertemu Trump, Luhut menyampaikan salam ucapan terimakasih dari Presiden Joko Widodo karena Trump memberikan fasilitas Generalized System of Preferences (GSP) yang merupakan fasilitas perdagangan berupa pembebasan tarif bea masuk guna meningkatkan akses pasar masuk ke AS dari negara berkembang. GSP sendiri diberikan United States Trade Representatives (USTR) yang dipimpin Donald Trump.

Kepada Luhut, Trump juga menyampaikan salam dan terima kasihnya kepada Presiden Jokowi atas kerjasamanya selama ini. Trump juga memberi penilaian positif atas peningkatan hubungan ekonomi kedua negara selama ini.

Setelah menemui Trump, Luhut juga diberi kesempatan menemui Wapres AS Mike Pence di kantornya. Dalam pertemuan Pence – Luhut, Pence menawarkan kerjasama produksi vaksin antara perusahaan farmasi AS dan Indonesia. Luhut langsung menyambut positif penawaran itu.

Setelah bertemu Trump dan Pence, Luhut menemui Penasehat Keamanan Nasional AS Robert O’ Brien untuk membahas kemitraan strategis antara Indonesia dan AS di bidang pertahanan dan teknologi, serta bertukar pandangan mengenai geopolitik global, termasuk masalah di Laut Cina Selatan.

”Saya atas nama Presiden Joko Widodo menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada Presiden Donald Trump. Apapun hasil resmi pemilu AS, pertemanan tetap perlu dijaga. Kita akan selalu menjadi kawan. Saya juga berharap komunikasi yang baik seperti ini dengan Gedung Putih dapat juga terjalin setelah Januari 2021 nanti,” tandas Luhut di Washington DC usai menemui para petinggi Gedung Putih AS, Selasa (17/11/2020) waktu setempat. (ind)



Apa Pendapatmu?