Jumlah Penduduk Modal Indonesia Menjadi Negara Maju

indopos.co.id – Jumlah penduduk yang besar menjadi modal penting untuk mendorong kemajuan bangsa. Maka itu, pengelolaan sumber daya manusia yang berkualitas menjadi suatu hal yang wajib dilakukan oleh pemerintah dalam beberapa tahun ke depan.

Hal itu diungkapkan Staf Ahli Menteri Komunikasi dan Informatika Henri Subiakto dalam diskusi media Forum Merdeka Barat 9 (FMB 9) bertajuk “Pembangunan Sumber Daya Manusia Indonesia” yang diselenggarakan secara virtual, Selasa (10/11/2020).

Baca Juga :

“Kalau kita lihat, negara maju itu memiliki banyak penduduk. Contohnya Tiongkok,” kata Henri.

Saat ini pemerintah sedang fokus meningkatkan kualitas sumber daya manusia, dan menjadi agenda utama semua instansi dan lembaga. Diantaranya dikatakan Henri adalah melakukan serangkaian pelatihan secara daring yang menggandeng ahli-ahli yang memiliki kompeten.
Target penduduk yang disasar dari berbagai unsur.

Baca Juga :

“Tujuannya, masyarakat dari berbagai jenis umur itu dapat meningkatkan kualitas diri, sehingga dapat bersaing dengan masyarakat luas. Perbaikan kualitas sumber daya manusia dibutuhkan dengan tuntutan zaman saat ini,” katanya.

Peningkatan kualitas diri, lanjut Henri, seperti yang dilakukan oleh Kementerian Kominfo. Saat ini pihaknya tengah menyelenggarakan program “Digital Talent Scholarship” dengan menyasar pada belasan ribu orang dengan segala usia di tengah pandemi.

Baca Juga :

Kembangkan Usaha Hidroponik di Rumah Susun

Sasarannya ada empat yakni mengurangi pengangguran bidang kominfo, alih kompetensi akibat peningkatan teknologi, peningkatan daya saing, dan penguatan kelembagaan.

Pada pelatihan yang digelar ini, setiap peserta akan dilatih menggunakan ruang digital dari mulai pengetahuan tentang aplikasi hingga hal yang berkaitan dengan teknis pengelolaan ruang digital. Hal ini dilakukan, seiring dengan perkembangan zaman saat ini yang menuntut sumber daya manusia terampil menggunakan teknologi internet.

“Program bekerjasama dengan google, amazon, dan juga dengan lembaga pendidikan bergengsi di tanah air,” pungkasnya.(mdo)

Komentar

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.