Trakindo Dukung Wujudkan Guru Kreatif dan Inovatif di Masa Pandemi

indopos.co.id – Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) menjadi model pendidikan yang dilakukan saat ini dalam menjalani masa Adaptasi Kebiasan Baru (AKB). Dalam pelaksanaannya, guru perlu berkreasi dalam menghadirkan pengalaman belajar yang sesuai kemampuan dan kebutuhan murid.

PT Trakindo Utama (Trakindo), kembali menghadirkan kegiatan Praktik Pembelajaran Guru Terbaik (PPGT) 2020. Kegiatan tahunan ini digelar untuk berbagi, belajar bersama dan mengapresiasi praktik-praktik terbaik pembelajaran kreatif dan penciptaan produk inovatif para guru dari 40 Sekolah Dasar Negeri (SDN) binaan Trakindo.

Baca Juga :

Direktur Utama PT Trakindo Utama Rachmat Sobari Hamami mengatakan, sejak didirikan 1970 lalu, misiPT Trakindo Utama menciptakan lapangan kerja yang layak dan berkualitas. Berangkat dari misi tersebut PT Trakindo Utama berkomitmen untuk menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas.

“Kami memberikan dukungan kepada dunia pendidikan di Indonesia. Seperti program PPGT, ini merupakan upaya kami untuk memberikan ‘kail’ bagi para tenaga pengajar dalam mengembangkan karakter anak didiknya di sekolah,” ujar dalam keterangan di Jakarta, Kamis (19/11/2020).

Baca Juga :

Ia menyebut, penerapan pendidikan berbasis karakter sejak dini akan menjadi fondasi yang kuat bagi generasi penerus di masa depan. Karakter yang dimiliki sejak Sekolah Dasar (SD) sampai kapan pun akan terus terjaga. “Semoga apa yang kami lakukan dapat menjadi pendorong bagi sekolah untuk bertumbuh lebih baik lagi, memberikan hasil yang positif bagi khalayak luas, berkontribusi membangun bangsa, untuk kemajuan negeri,” ucapnya.

Menyambut peringatan Hari Guru Nasional yang jatuh pada 25 November, Trakindo menggelar PPGT 2020 dengan mengangkat tema “Wujudkan Sekolah Berkarakter, Bersih dan Sehat untuk Generasi Berkualitas”.

Baca Juga :

Kembangkan Usaha Hidroponik di Rumah Susun

PPGT merupakan agenda puncak dari rangkaian program Bangun Karakter Bangsa Trakindo yang dilaksanakan sejak 2016 dan program WinS (Water, Sanitation and Hygiene in Schools) yang dilaksanakan untuk mendukung penguatan pendidikan karakter dan penyehatan lingkungan sekolah.

Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) Iwan Syahril mengatakan, kontribusi yang diberikan Trakindo selama ini, telah berjalan selaras dengan cita-cita pemerintah dalam penguatan pendidikan karakter di SD. Terutama dalam pengembangan nilai-nilai kepemimpinan guru melalui program guru penggerak.

“Kondisi AKB ini tantangan baru bagi para guru untuk menciptakan pembelajaran yang kreatif dan menyenangkan di tengah PJJ. Melalui program seperti PPGT ini, para guru bisa mendapatkan wawasan baru dalam membuat praktik pembelajaran yang kreatif,” katanya.

Perlu diketahui, acara penutupan PPGT dihadiri oleh lebih dari 300 peserta daring yang terdiri dari perwakilan 40 SDN binaan Trakindo, sekolah imbas, praktisi pendidikan, serta diikuti juga oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Kesehatan, juga Kementerian Agama.

Pada pelaksanaan tahun ini, seluruh kegiatan PPGT yang diselenggarakan oleh Trakindo dilakukan secara virtual, mulai dari kompetisi, penilaian, penjurian, sesi sharing dan horizontal learning, hingga pengumuman pemenang. Berikut tiga kategori pemenang PPGT 2020. Di antara untuk kategori Inovasi Penerapan Belajar dari Rumah Program Bangun Karakter Bangsa oleh Sunarmi, S.Pd dari SDN 001 Teluk Bayur Berau, Tj. Redeb, Kalimantan Timur, dengan Tema Badan Bugar Covid Bubar.

Lalu Kategori Inovasi Alat Peraga Murah Program Bangun Karakter Bangsa Arum Puspitaningtyas, S.Pd SDN 001 Teluk Bayur Berau, Tj. Redeb, Kalimantan Timur dengan tema GEMA (Games Motorik dan Akademik) dan Kategori Inovasi Alat Peraga Edukasi Sanitasi Program Wash in Schools Anugrah Mitia Sari SDN Pelambuan 4 Banjarmasin, Kalimantan Selatan dengan tema Modul Interaktif Aku Anak Sehat. (mdo)

 

Komentar

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.