Korlantas Polri Geber IT Road Safety Expo 2020

indopos.co.id – Korps Lalu Lintas (Korlantas) Kepolisian Republik Indonesia (Polri) akan menyelenggarakan IT Road Safety Expo 2020 pada 24-26 November 2020 di Aula Djajoesman, Korlantas Polri, Jakarta.

Hajatan itu, akan disemarakkan berbagai kegiatan. Misalnya, Pameran Virtual dan Seminar IT secara daring, mengenai penggunaan TI untuk road safety (keamanan, keselamatan, dan kenyamanan berkendara/berlalu lintas).

Baca Juga :

Di samping itu, juga akan dilakukan soft launching “RasiRosa Korlantas” (literasi road safety) dan pemberian penghargaan IT Road Safety Award kepada Polda dan Polres/Polresta, yang dinilai banyak melakukan inovasi dan telah menjalankan berbagai aplikasi terkait IT Road Safety.

Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Idham Azis dijadwalkan menjadi pembicara kunci, dalam kegiatan IT Road Safety Expo yang akan dibuka Kepala Korlantas (Kakorlantas) Polri, Inspektur Jenderal (Irjen) Polisi Istiono, pukul 09.00-10.30 WIB, Selasa (24/11/2020) mendatang.

Baca Juga :

Dalam Seminar IT Road Safety 2020 bertema “Standardisasi dan Integrasi Sistem TI Korlantas Polri”, ada beberapa pakar dan narasumber akan hadir menjadi Pembicara. Di antaranya Direktur Keamanan dan Keselamatan (Dirkamsel) Korlantas Polri, Brigadir Jenderal Polisi Chryshnanda Dwilaksana. Ia akan membahas manajemen integrasi sistem TI Korlantas Polri.

Narasumber lain, Kalamullah Ramli dari Universitas Indonesia sekaligus Dewan Pengawas IdPRO, yang akan mengupas tentang “Strategi Pengelolaan Big Data”, dan Ketua Asosiasi Intelligence Transport System Indonesia Resdiansyah.

Selain itu, banyak pembicara dari implementator/TI di Korlantas Polri dan beberapa Vendor/Principal TI yang akan sharing menjadi pembicara dan mendemostrasikan kemajuan teknologi TI yang terkait Road Safety, dalam kegiatan selama tiga hari tersebut.

Kakorlantas Polri, Irjen Pol. Istiono menegaskan modernisasi TI di Korlantas Polri, dilakukan untuk meningkatkan kecepatan, keakuratan, keefektifan, dan transparansi pelaksanaan tugas-tugas Korlantas Polri sehingga daya dukung Kepolisian/Korlantas Polri kepada negara, pemerintah, dan masyarakat, makin meningkat.

Selain itu, dengan dilakukannya modernisasi TI, diharapkan “trust/kepercayaan” masyarakat dan para pemangku kepentingan kepada Korlantas Polri dalam memberikan layanan dan menjalankan tugas-tugasnya, dapat terjaga dan terus membaik.

“Oleh karenanya, saya berharap semua pihak dapat mendukung modernisasi TI di Korlantas Polri secara efektif dan transparan, mengingat teknologi TI / digital berkembang dan berubah sangat cepat. Dan tentu, modernisasi TI Korlantas juga diharapkan bisa terintegrasi dan mendukung Smart City dan percepatan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN),” ujar Istiono, di Jakarta, Sabtu (21/11/2020).

Korlantas Polri, saat ini sedang mengembangkan Smart Management, agar seluruh rangkaian aplikasi dapat dikonsolidasikan dan diintegrasikan secara efektif dan efisien.

“Sistem inputing data yang menjadi variable kunci IT Road Safety mulai satuan kerja  Polres, Polda, teritegrasi dengan sistem yang terpusat dari berbagai metode inputing dan jenis data (baik manual maupun automatis),” tambah Direktur Kamsel Korlantas Polri, Brigjen Chryshnanda Dwilaksana.

Smart Management di Korlantas, lanjut Chryshnanda, merupakan sistem-sistem elektronik atau sistem online saling terhubung, berbasis kepada Back Office Application, juga memanfaatkan Artificial Intelligent (AI), Internet of Things (IoT), dan IT Network. Di sini semuanya saling bersinergi.

IT Road Safety Expo, merupakan ajang sosialisasi dan edukasi untuk masyarakat dan para pemangku kepentingan akan pentingnya membangun budaya tertib berlalu lintas.

“Kita ingin menunjukkan TI merupakan suatu keniscayaan dan keharusan, untuk membangun dan mencapai tujuan Road Safety agar lalu lintas aman, selamat, tertib, lancar. Kita berharap dapat meningkatkan kualitas keselamatan dan menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan, terbangun budaya tertib. Selain itu, agar kita dapat memberikan pelayanan yang prima, yang dapat diakses dengan cepat, tepat, akurat, transparan, akuntabel, mudah diakses, dengan algoritma yang menghasilkan info grafis, stastistik dan virtual, sehingga dapat melakukan prediksi, antisipasi, dan solusi yang on time, real time, dan any time,” jelas Chryshnanda.

Sementara Ketua Panitia Penyelenggara IT Road Safety Expo 2020, Komisaris Besar Polisi Arman Achdiat, Kasubdit Dikmas Ditkamsel Korlantas Polri, menjelaskan selain diikuti secara virtual/daring oleh seluruh jajaran Korlantas hingga di daerah, kegiatan IT Road Safety Expo ini dapat diikuti masyarakat umum, komunitas otomotif, komunitas TI/digital, produsen kendaraan, dan peralatan keamanan berkendara atau semua pihak yang terkait dengan program Road Safety di Indonesia.(mdo)

 

Komentar

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.