Alexa Metrics

Peringati HKN, Puskesmas Kecamatan Kembangan Gandeng BPJS Kesehatan

Peringati HKN, Puskesmas Kecamatan Kembangan Gandeng BPJS Kesehatan FASKES-Ilustrasi Puskesmas Kecamatan Kembangan, Jakarta Barat.FOTO:IST

indopos.co.id – Pandemi COVID-19 tidak menyurutkan semangat Puskesmas Kecamatan Kembangan, Jakarta Barat untuk memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke-56. Pada Peringatan tahun ini, Puskesmas Kecamatan Kembangan mengadakan serangkaian acara dengan tema “Satukan Tekad Menuju Indonesia Sehat”.

Serangkaian acara yang diselenggarakan oleh Puskesmas Kecamatan Kembangan antara lain pembagian masker di lima tatanan wilayah kerja Puskesmas Kecamatan Kembangan, Vlog Competition dan talkshow SPEAK #08 dengan judul “Generasi Muda Berani dan Tanggap Hadapi COVID-19” via daring. Dalam rangka memeriahkan kegiatan, Puskesmas Kecamatan Kembangan mengajak BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Barat untuk berpartisipasi pada kegiatan tersebut.

“Sebenarnya kegiatan webinar ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh Puskesmas Kecamatan Kembangan sejak Pandemi COVID-19. Sebelumnya, kami rutin melaksanakan sosialisasi kegiatan promotif, preventif, dan edukasi pencegahan penyakit secara langsung kepada masyarakat. Namun, sejak Pandemi COVID-19 ini, kami merubahnya dalam bentuk webinar sebagai acara puncak peringatan HKN. Kami ingin mengajak dan memberikan wawasan luas kepada masyarakat yang berasal dari semua kalangan untuk satukan tekad bersama-sama menuju generasi Indonesia sehat, ” tutur Kepala Puskesmas Kecamatan Kembangan Leny Ariyani, pada saat ditemui pada Senin (23/11/2020)

Leni menjelaskan webinar ini merupakan salah satu penutupan dari pengumuman pemenang dari lomba Vlog para peserta didik untuk para remaja untuk mengkampanyekan kebiasaan-kebiasaan baru di era pandemi COVID-19. Hasil Vlog terbaik diumumkan di akhir webinar.
“Kami mengapresiasi peran serta BPJS Kesehatan dalam mengikuti Kegiatan Peringatan HKN Tahun 2020 yang kami selenggarakan ini. Sehingga kegiatan HKN dapat semakin meriah dan peserta kegiatan menjadi semakin semangat mengikuti kegiatan. Kami bersyukur BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Barat selalu mendukung kegiatan promosi kesehatan kami dari tahun ke tahun, terutama kegiatan promosi untuk mencegah penyakit,” kata Leny.

Kepala BPJS Kesehatan Jakarta Barat Fitria Nurlaila Pulukadang, mengapresiasi Puskesmas Kecamatan Kembangan atas undangan kemitraan pada kegiatan Peringatan HKN Tahun 2020 ini. Fitria menerangkan BPJS Kesehatan menjunjung amanat Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2018 dalam hal pemberian pelayanan manfaat Jaminan Kesehatan yang bersifat pelayan kesehatan perorangan, mencakup pelayanan promotif dan preventif bagi peserta.

“Kegiatan Peringatan HKN yang diselenggarakan oleh Puskesmas Kecamatan Kembangan tidak jauh berbeda dengan upaya promotif dan preventif yang dilaksanakan oleh BPJS Kesehatan. Upaya promotif dan preventif ini pada dasarnya sangat penting untuk mewujudkan masyarakat yang sehat dan sebagai bentuk upaya kami melaksanakan amanat yang diberikan kepada kami sebagai penyelenggara Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN),” jelas Fitria.
Fitria menjelasakan dukungan kepada Puskesmas Kecamatan Kembangan bukanlah satu-satunya kegiatan yang dilaksanakan oleh BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Barat dalam memperingati HKN tahun ini. BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Barat bersama-sama dengan kantor cabang lain dan kantor pusat menyelenggarakan kegiatan apresiasi kepada seluruh Pejuang COVID-19.

“Kami mengucapkan selamat Hari Kesehatan Nasional ke-56 kepada Peserta Program JKN-KIS khususnya seluruh Pejuang Pencegahan COVID-19. Kami mendoakan yang terbaik bagi para pejuang dan berharap kita semua dapat mengatasi pandemi ini dengan baik. Kami berharap dukungan yang kami berikan pada kegiatan Peringatan HKN yang diselenggarakan oleh Puskesmas Kecamatan Kembangan dapat bermanfaat dan memberikan semangat bagi kita semua untuk dapat mencegah serta menghadapi pandemi COVID-19,” tutur Fitria. (dni/adl)



Apa Pendapatmu?