Alexa Metrics

Dua Hari Berturut-Turut, Dua Bangkai Paus Ditemukan di Perairan Bali

Dua Hari Berturut-Turut, Dua Bangkai Paus Ditemukan di Perairan Bali Bangkai paus yang ditemukan di Pantai Nusa Dua Bali

indopos.co.id – Dua hari berturut-turut Balai Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Laut (BPSPL) Denpasar menangani dua bangkai paus sperma (physeter macrocephalus) yang terdampar di perairan Bali berturut-turut, tepatnya di pesisir Pantai Sanur dan Pantai Nusa Dua Bali.

Kepala BPSPL Denpasar Permana Yudiarso menjelaskan bangkai paus pertama dengan panjang tubuh 10 meter ini ditemukan mengambang di laut dekat pantai di Desa Serangan Bali dalam keadaan mati dengan luka sobekan di sekitar perut, ekor, dan anus. Karena arus laut, bangkai paus itu berpindah ke Pantai Mertasari Sanur lalu bergeser lagi ke Pantai Semawang. Namun, esok harinya, pada Rabu (18/11/2020) bangkai paus itu sudah menghilang.

Masih di Rabu itu juga, BPSPL Denpasar kembali menerima laporan ada bangkai paus dengan panjang tubuh 13 meter dan berat 10 ton terdampar di tepi Pantai Mengiat Nusa Dua. Anehnya, seluruh gigi bangkai paus ini sudah tidak ada, seperti dicabut paksa. Oleh pihak BPSPL bangkai paus kedua ini dikuburkan. Untuk paus pertama seluruh giginya masih utuh.

”Kemungkinan paus pertama terseret arus sehingga tak terlihat lagi. Namun paus pertama yang ditemukan mengambang di Pantai Sanur bangkainya masih utuh. Perkiraannya bangkai paus pertama terbawa arus ke timur, ke arah Padangbai,” terang Permana, Selasa (24/11/2020).

Sedangkan untuk paus yang ditemukan di Pantai Nusa Dua, sudah diambil sampel DNA-nya sebelum dikuburkan. Namun Permana tetap merasa ada keanehan karena dalam dua hari berturut-turut dan di lokasi berdekatan ditemukan dua bangkai paus. (ind)



Apa Pendapatmu?