Alexa Metrics

Tingkatkan Pelayanan Prima, Korlantas Polri Gelar IT Road Safety Expo 2020

Tingkatkan Pelayanan Prima, Korlantas Polri Gelar IT Road Safety Expo 2020 Kepala Korlantas Polri, Inspektur Jenderal Istiono (kedua kanan), saat meninjau IT Road Safety Expo 2020 perdana di Aula Djajoesman, Korlantas Polri, Jakarta, Selasa (24/11/2020).

indopos.co.id – Korps Lalu Lintas (Korlantas) Kepolisian Republik Indonesia (Polri) menggelar IT Road Safety Expo 2020 perdana di Aula Djajoesman, Korlantas Polri, Jakarta, Selasa (24/11/2020). Ini dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan pelayanan prima kepada masyarakat

Kapolri Jenderal Idham Azis mengatakan, perkembangan kehidupan masyarakat yang sangat cepat menjadikan permasalahan lalu lintas dan angkutan jalan makin kompleks dan dinamis. Upaya peningkatan ini dilakukan dengan cara moderenisasi sistem teknologi informasi secara berkelanjutan.

“Selaku pimpinan Polri, saya sangat mengapresiasi jajaran Korlantas Polri atas inisiatif dan langkah-langkah nyata dalam mengembangkan sistem teknologi dan informasi. Ini harus terus dilakukan secara optimal sehingga tercipta budaya aman dan tertib berlalu lintas,” ujar Kapolri secara virtual pada gelaran tersebut.

Sementara, Kepala Korlantas Polri, Inspektur Jenderal Istiono mengatakan, pembangunan IT di road safety dalam bentuk back office, aplikasi, dan network yang berbasis artificial intellegent dan internet of think merupakan langkah Korlantas dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

“Ini untuk mempermudah pelaksanaan tugas Korlantas. Dan program road safety policing ini disiapkan sebagai langkah terobosan kreatif penjabaran kebijakan Kapolri pada fungsi lalu lintas yang berbasis teknologi untuk terbangunnya big data dan one gate service,” katanya.

Istiono menjelaskan, sistem jaringan yang dibangun dan dioperasionalkan dalam road safety policing merupakan sistem back office, aplikasi dan network untuk mendukung program inisiatif anti korupsi, reformasi birokrasi, dan mewujudkan pelayanan prima yang memenuhi standard, yakni cepat, tepat, akurat, transparan, akuntabel, informatif, dan mudah diakses.

“Di masa pandemi ini kita sangat mendorong inovasi-inovasi pelayanan publik yang berbasis IT. Kita juga melakukan langkah-langkah terobosan untuk mengurangi kerumunan orang datang ke lokasi pelayanan dan ini sangat membantu sesuai kondisi saat ini, yaitu memenuhi protokol kesehatan COVID-19,” sebutnya.

Dirkamsel Korlantas Polri, Brigadir Jenderal Chryshnanda menyampaikan, kegiatan IT Road Safety Expo merupakan suatu upaya Korlantas dalam mengimplementasikan e-Policing (elektronik policing) sebagai model pemolisian di era revolusi industri 4.0 atau era digital.

“IT For Road Safety Expo merupakan bagian untuk meningkatkan kualitas pelayanan. Artinya, kita bisa memberikan pertanggung jawaban secara moral, administrasi, hukum, dan fungsional dalam bidang pelayanan keamanan, keselamatan, hukum, informasi, administrasi, dan pelayanan kemanusiaan yang berstandar prima cepat tepat akurat transparan akuntabel dan informatif,” bebernya.(mdo)



Apa Pendapatmu?