Alexa Metrics

Kabar Baik Bagi UMKM, Program Diskon Super Merdeka PLN Diperpanjang hingga 30 November

Kabar Baik Bagi UMKM, Program Diskon Super Merdeka PLN Diperpanjang hingga 30 November warta 1

indopos.co.id – Kabar baik datang bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan Industri Kecil Menengah (IKM). PT PLN (Persero) memperpanjang program diskon tambah daya “Super Merdeka”.

Program yang berlangsung sejak hari Kemerdekaan RI pada Agustus 2020 ini diperpanjang oleh perusahaan plat merah itu sampai dengan 30 November atau akhir bulan ini.

“Pelaku UMKM atau IKM yang sebelumnya terlambat memanfaatkan program ini bisa kembali dilakukan permohonannya sebelum dengan batas waktu yang ditentukan,” kata Manajer PLN UP3 Cikarang, Ahmad Syauki, Selasa (24/11/2020).

Menurutnya, penambahan daya listrik penting bagi pelaku usaha mikro. Apalagi era kekinian seluruh teknologi usaha didominasi dengan kelistrikan.

Ia menjelaskan, melalui program Super Merdeka ini, PLN memberikan keringanan bagi pelanggan golongan tarif Bisnis dan Industri tegangan rendah mulai dari daya 450 Volt Ampere (VA) sampai dengan daya 13.200 VA dengan pilihan daya akhir sampai dengan daya 16.500 VA.

“Sudah banyak pelaku UMKM dan IKM yang tak meninggalkan program ini, antusias masyarakat menyambut program ini juga sangat baik sehingga pusat (PT PLN) memperpanjang program ini,” ujar dia.

Syauki menyebut, program Super Merdeka adalah wujud perhatian PLN sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang notabene menjadi objek pelayanan publik dalam segi kelistrikan.

Ia berharap, dengan diperpanjang program ini, UMKM di Kabupaten Bekasi dapat memanfaatkannya dengan baik. Terlebih, program ini menjangkau luas kebutuhan listrik UMKM dan IKM.

“Mudah-mudahan program dengan harga ekonomis ini bisa membantu pelaku UMKM dan IKM menjalankan bisnisnya,” imbuh Syauki.

Terpisah, Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN, Bob Saril mengatakan bahwa meskipun telah diperpanjang dua kali, program Super Merdeka ini terus mendapatkan sambutan baik dari pelanggan.

“Antusiasme pelanggan sangat besar, lebih dari 50 ribu pelanggan telah mendaftar, dan jumlah ini bisa makin bertambah setiap harinya. artinya pelanggan menyambut positif dan bisa merasakan langsung manfaat dari penambahan daya ini,” ucap Bob.

Melalui program Super Merdeka ini, PLN memberikan keringanan bagi pelanggan golongan tarif Bisnis dan Industri tegangan rendah mulai dari daya 450 Volt Ampere (VA) sampai dengan daya 13.200 VA dengan pilihan daya akhir sampai dengan daya 16.500 VA.

“Dengan keringanan biaya tambah daya yang super ekonomis ini kami berharap dapat membantu meningkatkan produktivitas UMKM dan IKM ditengah pandemi,” tambah Bob.

Galung, pemilik Etnic Coffee Lombok, salah satu pelaku UMKM yang memanfaatkan program Super Merdeka dengan menambah daya listrik dari 3.300 VA ke 5.500 VA, menilai hadirnya program tersebut sangat membantu dirinya untuk meningkatkan produksi usahanya.

“Adanya diskon tentu sangat meringankan kami pelaku UMKM, apalagi di tengah pandemi seperti ini,” tutur Galung.

Dirinya menambahkan dengan melakukan tambah daya, kini seluruh mesin produksi kopinya dapat digunakan secara bersamaan, sehingga waktu produksi lebih cepat. Sebelumnya, penggunaan mesin pengolah kopi tidak bisa maksimal, karena harus bergantian.

Di tengah pandemi Covid-19, UMKM/IKM adalah tulang punggung kegiatan ekonomi. Program Super Merdeka merupakan wujud kepekaan PLN kepada pelanggan UMKM/IKM yang membutuhkan listrik untuk kegiatan bisnisnya.

Sebagai informasi, bagi pelanggan yang ingin menikmati promo Super Merdeka untuk UMKM/IKM dapat menghubungi PLN melalui Contact Center PLN 123, yang dapat diakses melalui ponsel (kode area+123), telepon 123, e-mail pln123@pln.co.id, Twitter @pln_123, Facebook PLN 123, Instagram @pln123_official, website www.pln.co.id, aplikasi PLN MOBILE, serta melalui Kantor Unit Layanan Pelanggan PLN terdekat. (mdo)



Apa Pendapatmu?