Alexa Metrics

KPK: Ada 17 Orang yang Diamankan, Kartu Debit ATM Jadi Barang Bukti

KPK: Ada 17 Orang yang Diamankan, Kartu Debit ATM Jadi Barang Bukti Suasana penangkapan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo dan rombongannya. Mereka diamankan begitu mendarat di Bandara Soekarno-Hatta pada Rabu dini hari (25/11/2020) sekitar pukul 00.30 WIB, setelah melakukan perjalanan dari Honolulu Hawaii AS. Foto: Istimewa

indopos.co.id – Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) masih terus memeriksa Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo dan rombongannya. Mereka diamankan begitu mendarat di Bandara Soekarno-Hatta pada Rabu dini hari (25/11/2020) sekitar pukul 00.30 WIB, setelah melakukan perjalanan dari Honolulu, Hawaii, Amerika Serikat (AS).

Pelaksana Tugas (Plt) Juru Bicara KPK Ali Fikri sejak mengatakan, hingga Rabu siang pihaknya sudah mengamankan 17 orang dengan lokasi penangkapan di Bandara Soekarno Hatta Tangerang, Jakarta dan Depok. Mereka yang diamankan selain Menteri Edhy Prabowo dan istri, turut diamankan beberapa pejabat KKP dan beberapa orang pihak swasta.

”Turut diamankan sejumlah barang. Diantaranya kartu Debit ATM yang diduga terkait dengan tindak pidana korupsi dan saat ini masih diinventarisir oleh tim,” kata Ali, Rabu (25/11/2020).

Menurutnya, kasus yang menjerat Edhy diduga terkait dengan proses penetapan calon exportir benih lobster. Ia menambahkan, hingga saat ini KPK masih melakukan pemeriksaan secara intensif terhadap 17 orang tersebut selama 1×24 jam sejak ditangkap. ”Untuk perkembangannya akan kami sampaikan lebih lanjut,” kata Ali.

Menurut Ali, operasi penangkapan itu dilakukan tiga Satuan Tugas (Satgas) KPK yang salah satu satgas dipimpin langsung penyidik senior KPK Novel Baswedan yang turun menangkap Edhy dan istri. Tiga Satgas itu terdiri dari satgas penyelidikan, satgas penyidikan, termasuk tim dari Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang bergerak berdasarkan surat tugas resmi.(ind)



Apa Pendapatmu?