Alexa Metrics

Jangan Orang Parpol, Susi Dinilai Paling Layak Jabat Lagi Menteri Kelautan dan Perikanan

Jangan Orang Parpol, Susi Dinilai Paling Layak Jabat Lagi Menteri Kelautan dan Perikanan Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

indopos.co.id – Tertangkapnya Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo oleh KPK menjadi preseden buruk bagi kementerian yang dipipimpin oleh menteri yang berlatar belakang partai politik.

Analis kebijakan publik dari Universitas Trisakti Trubus Rahadiansyah, mengatakan kasus ini menambah panjang daftar menteri dari partai politik yang bermasalah dalam kasus korupsi.

”KKP ini kan sudah dibenahi oleh bu Susi (Susi Pudjiastuti). Tetapi di bawah menteri yang baru Pak Edhy Prabowo kebijakannya diubah 180 derajat. Banyak sekali kebijakan-kebijakan yang bertentangan dengan kepentingan publik. Menurus saya banyak kebijakan-kibijakan yang merugikan nelayan dalam arti yang sebenarnya,seperti buka kran ekspor benih lobster, rencana izinkan jaring ikan pukat harimau, dsb,” ujar Trubus kepada INDOPOS, Rabu (25/11/2020).

Menurut Trubus, setelah Susi Pudjiastuti berakhir jabatannya sebagai menteri kelautan dan perikanan performa KKP terkesan merosot. Sumber masalahnya justru datang dari kepemimpinan Edhy Prabowo sendiri selaku Menteri yang baru.

”Seharusnya dia (Edhy Prabowo) melanjutkan kebijakan yang sudah dirintis oleh Susi. Menerapkan akuntabilitas publik, transparansi, penegakan hukum yang baik, dan kepemipinan yang baik saat itu dilakukan Ibu Susi. Tapi sayanya Ibu Susi  tidak lanjut,” kata Trubus.

Yang disayangkan lagi, menurut Trubus, pengganti Susi yang merupakan kalangan professional justru dari orang partai politik. ”Yang namanya orang dari partai ya begitu, selalu mendahuluan kepentingan partainya mau enggak mau menggunakan aji mumpung,” ujarnya.

Trubus mengatakan adanya kasus dugaan korupsi Menteri Edhy Prabowo ini Susi Pudjiastuti layak ditempatkan kembali menjabat sebagai menteri kelautan dan perikananan.

”Terlepas dari kepentingan apapun saya lihat di bawah kepemimpinan Ibu Susi ini KKP mengalami kemajuan yang sangat baik dibandingkan era-era sebelumnya dan era saat ini.

Pada intinya menurut Trubus jika menginginkan perbaikan di kementerian, maka jabatan menteri jangan diberikan kepada orang partai politik. ”Kalau dari orang partai ya begini ini, ujung-ujungnya bisa ditebak (korupsi),” tegasnya.(dni)



Apa Pendapatmu?