Alexa Metrics

Diserahkan Wapres, Pelindo III Raih Anugerah Tertinggi KIP

Diserahkan Wapres, Pelindo III Raih Anugerah Tertinggi KIP Wakil Presiden Ma’ruf Amin memberikan Anugerah Tertinggi Keterbukaan Informasi Publik KIP kepada Direktur Utama Pelindo III U Saefudin Noer secara daring di Jakarta, Rabu (25/11/2020).

indopos.co.id – PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III berhasil mendapatkan  predikat informatif dalam hal pengelolaan dan penyampaian dokumen dan informasi oleh badan publik melalui Pejabat Pegelola Informasi dan Dokumentasi  (PPID) milik Pelindo III.

Predikat Informatif adalah predikat tertinggi yang disandangkan pada badan publik dalam upaya menyajikan keterbukaan informasi dan dokumentasi publik dalam kegiatan Anugerah Keterbukaan Informasi Publik KIP.

Atas raihan tersebut Pelindo 3 pun menerima Anugerah Keterbukaan Informasi Publik langsung dari Komisi Informasi Pusat (KIP) Republik Indonesia yang disampaikan oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin melalui siaran daring, Rabu (25/11/2020).

Anugerah  tersebut berhasil didapatkan oleh Pelindo III setelah selama tiga bulan, KIP memonitoring hingga evaluasi Keterbukaan Informasi Publik pada 348 Badan Publik Kementerian, Lembaga Negara dan Lembaga Pemerintah Non Kementerian, Lembaga Non-Struktural, Pemerintah Provinsi, Badan Usaha Milik Negara, Perguruan Tinggi Negeri dan Partai Politik. Dari monitoring dan evaluasi (monev) tersebut disebutkan, PPID Pelindo III telah memenuhi Kualifikasi Informatif sesaui dengan amanat UU 14/2008 tentang Keterbukaan Infromasi Publik.

Ma’ruf Amin menyampaikan, apresiasi kepada badan publik yang telah serius dalam mengupayakan keterbukaan informasi publik demi memberi kemudahan pada masyarakat dalam mengakses informasi dan karenanya berhak dianugerahkan kualifikasi tertentu.

“Kepada badan publik yang memperoleh kualifikasi informatif kami menyampaikan selamat atas pencapaiannya , teruslah bertahan untuk visi serta menjaga kualitas pelayanan publik agar semakin baik lagi,” kata dia, dalam sambutannya.

Ketua Komisi Informasi Pusat (KIP) Gede Narayana menyampaikan, penganugerahan Keterbukaan Informasi Publik ini merupakan refleksi dari kondisi pelaksanaan keterbukaan informasi publik.

“Komisi Informasi Pusat melaksanakan Monev kepada 348 badan publik melalui tahap pengisian Self Assessment Kuesioner dan Pendalaman melalui Presentasi, kemudian diperoleh hasil Monev. Hasil ini merupakan bentuk refleksi dan kondisi pelaksanaan Keterbukaan Informasi Publik pada badan publik,” kata dia.

Sementara itu, Direktur Utama Pelindo III U Saefudin Noer menyampaikan terima kasih kepada KIP atas pemberian Anugerah  sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang memenuhi kualifikasi informatif. Hal tersebut menurutnya, sudah menjadi amanah serta loyalitas perusahaan milik negara dalam memberikan pelayanan akses keterbukaan informasi yang informatif dan mudah kepada publik.

“Ini merupakan upaya kami mengemban amanah mengelola Aset Badan Usaha Milik Negara yang merupakan salah satu Core Values BUMN AKHLAK – Amanah , Kompeten, Harmonis, Loyal, Adapatif dan Kolaboratif yang digagas Menteri BUMN Bapak Erick Thohir. Dalam salah satu implementasi Amanah adalah memberikan dan menyajikan keterbukaan informasi seluas-luasnya kepada publik dan para pemangku kepentingan. Penghargaan ini memacu kami untuk terus menjaga kualitas dan akses informasi yang kami sajikan untuk kepentingan publik,” jelas dia.

Predikat informatif yang diterima Pelindo III sendiri merupakan penghargaan tertinggi diatas predikat lainnya yaitu cukup informatif dan kurang informatif yang di berikan oleh KIP kepada BUMN atau penyelenggara pemerintah atas upayanya menghadirkan keterbukaan informasi dan dokumentasi kepada publik sesuai amanat undang-undang.

Selain itu, Pelindo III dinilai berhasil menghadirkan kemudahan akses informasi publik melalui berbagai inovasi seperti optimalisasi saluran media sosial  sebagai upaya mengurangi proses tatap muka langsung kepada pemohon informasi guna membantu pemerintah menekan penyebaran COVID-19.(mdo)



Apa Pendapatmu?