Alexa Metrics

UMB Umumkan Beasiswa dan Empat Jurusan Baru Pascasarjana

UMB Umumkan Beasiswa dan Empat Jurusan Baru Pascasarjana DARING-Ilustrasi suasana kegiatan Open House 2020 dan Festival UMB ke-13.FOTO:IST

indopos.co.id – Universitas Mercu Buana (UMB) Jakarta mengumumkan rencana peluncuran empat jurusan/program studi baru pascasarjana. Keempatnya antaralain program S3 Ilmu Akuntansi, Program Profesi Insinyur (PPI), Magister Ilmu Komputer, dan Magister Profesi Psikologi.

”Untuk yang jurusan teknik kalau baru lulus kan belum dapat gelar insinyur tetapi ST (sarjana teknik). Maka perlu menempuh program profesi insinyur yang bisa ditempuh dalam waktu satu tahun. Empat program baru ini akan kita launching pada 2021,” ungkap Direktur Marketing UMB Dr Irmulansati Tomoharjo, SH, M.Si, di sela kegiatan Open House 2020 dan Festival UMB ke 13, Rabu (25/11/2020). Dalam open house digelar Virtual Meet Up and  Sharing Session Postgraduate dengan tema Kompetensi SDM dan Trend Profesi Pasca Pandemi di Asia.

Menurutnya, dalam kegiatan open house pascasarjana tahun ini menyasar kepada alumni yang baru lulus, alumni PTN/PTS lain yang sudah bekerja, dan untuk para sarjana teknik yang baru lulus untuk program PPI. Ditawarkan pula sejumlah program beasiswa. ”Nilai beasiswa mencapai total Rp1 miliar untuk program S2 dan S3. Karena diharapkan dalam kondisi pandemi ini proses belajar mengajar tetap berjalan dan memberikan dukungan pembiayaan,” ungkapnya.

Dalam open house tersebut juga ditawarkan program beasiswa khusus guru, tenaga pendidik, dan tenaga ASN. Sejak Maret hingga saat ini pihaknya masih menggelar perkuliahan secara daring.”Kami mengikuti aturan Pemprov DKI, selama sektor pendidikan belum dibuka, maka kami tidak menyelenggarakan pembelajaran tatap muka,” cetusnya.

Irmulansati mengatakan, kondisi pandemi ini justru membuat sebaran peserta dalam kegiatan open house meningkat. Jika sebelumnya hanya se-Jabodetabek kini peserta meluas hingga ke-13 provinsi di Indonesia. ”Mulai dari Jawa, Sumatra, Sulawesi, dari Bali bisa bergabung secara online,” tuturnya

Open house pascasarjana disiapkan untuk para alumni UMB S1 yang ingin melanjutkan ke S2, atau dari S2 ke S3. Karena kondisi tidak memungkinkan datang ke kampus UMB maka peserta diundang secara virtual. Pada 14,21, 25, dan 28, empat kali open house untuk seluruh program mulai D3, S1, S2, S3, dan program kelas internasional. ”Untuk kelas internasional ada peserta dari India, Pakistan, Timor Leste, Brunai, Filipina, Vietnam, Myanmar, dan Malaysia,” ungkapnya.

Menurutnya, kondisi COVID-19 ini justu memudahkan penyelenggaraan open house. ”Karena mereka yang dari negara lain tidak perlu datang ke sini,” sebutnya.

Sementara itu Rektor UMB Prof Dr Ngadino Surip MS, mengatakan pihaknya berkomitmen meningkatkan kualitas generasi muda Indonesia melalui pendidikan. Sejalan dengan itu pula Open House dan Festival UMB ke 13 merupakan perwujudan upya peningkatan kualitas generasi muda. Khususnya kalangan pelajar di tingkat sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas, melalui kegiatan yang mengasah pengetahuan dan menumbuhkan semangat berkompetisi.

”Open House adalah program yang diinisisiasi direktorat marketing yang berupaya memperkuat wawasan pelajar melalui kegiatan workshop kreatif. Di mana para pembicara merupakan praktisi pada bidangnya. Sedangkan Festival UMB adalah program yang dirancang Biro Humas Universitas Mercu Buana. Di mana para pelajar didorong menumbuhkan semangat kompetisi melalui berbagai kompetisi, baik itu kompetisi sain, seni dan olah raga,” ungkap Ngadino.

Dikatakan, melalui kombinasi program Open House dan Festival UMB, maka diharapkan para pelajar memiliki penguasaan wawasan yang lebih baik. ”Sekaligus memiliki semangat berkompetisi yang positif melalui perlombaan-perlombaan,” cetusnya.(mdo)



Apa Pendapatmu?