Alexa Metrics

TIKI Terus Dukung Pebisnis Ikan dan Tanaman Hias

TIKI Terus Dukung Pebisnis Ikan dan Tanaman Hias Permintaan pengiriman ikan cupang meningkat signifikan sepanjang masa Pandemi COVID-19.

indopos.co.id  – PT Citra Van Titipan Kilat (TIKI), berkomitmen menjadi mitra pengiriman terpercaya bagi para penggemar, pebisnis ikan, dan tanaman hias. Itu ditunjukkan melalui layanan menyeluruh mulai layanan pengemasan khusus, layanan pengurusan surat karantina, pilihan pengiriman via udara, laut, dan darat disesuaikan kebutuhan pelanggan.
TIKI juga berinisiatif mengedukasi para pebisnis ikan dan tanaman hias. Mengenai aspek-aspek penting dalam pengiriman ikan, tanaman hias, dan kebijakan berlaku untuk pengiriman jalur udara. Antara lain mengenai biaya surcharge, batas minimum berat kiriman, dan surat karantina.

”Hobi ikan dan tanaman hias selama pandemi meningkat perlu dibarengi pemahaman keamanan pengiriman dan kebijakan otoritas angkutan udara. Itu mengingat ikan dan tanaman hias termasuk kategori special cargo butuh penanganan khusus. Penting supaya proses pengiriman berjalan lancar, aman, dan diterima dalam kondisi baik,” tutur President Director TIKI Yulina Hastuti, saat acara Talkshow Media Virtual bertema “Mendulang Untung di Masa Pandemi” di Jakarta, Kamis (26/11/2020).

Pada kegiatan edukasi, perusahaan menggandeng influencer dan pelaku bisnis ikan dan tanaman hias yaitu Muhammad Rizky Rakayanto, founder Fishkinianofficial dan Anjar, founder Delfawood untuk juga berbagi tips cara berbisnis sukses, merawat ikan, dan tanaman hias layak jual. ”Itu salah satu bentuk dukungan kami untuk berkontribusi mengembangkan pelaku UMKM di sektor ini,” imbuh Yulina.

Volume pengiriman ikan dan tanaman hias meningkat signifikan selama masa pandemi. Agustus-Oktober 2020 peningkatan mencapai lebih dari 100 persen dari total volume pada periode Januari-Juli 2020. Beberapa komoditas ikan hias mengalami peningkatan pengiriman antara lain ikan cupang, ikan guppy, louhan, cichlid, dan discus. Sementara tanaman hias mencakup philodendron, monstera, caladium, dan syingonium. Tujuan pengiriman terbesar wilayah Jawa, Pontianak, Tarakan, Makassar, Batam, Medan, dan beberapa kota lain di Sumatera.

Berikut aspek perlu diperhatikan dan tips ketika melakukan pengiriman ikan dan tanaman hias. Kebijakan berat minimal kiriman special cargo untuk penerbitan Surat Muatan Udara (SMU) minimal 10 kilogram (Kg). Menyiasati tarif pengurusan SMU, biasanya jasa kurir akan membantu menggabungkan pengiriman dari beberapa pengusaha budidaya ikan atau tanaman hias dengan tujuan sama agar dikirim dalam satu SMU. Atau biasanya anggota komunitas budidaya ikan atau tanaman hias juga sering berkomunikasi satu sama lain untuk menggabungkan pengiriman.

Biaya surcharge adalah biaya penanganan, mengingat ikan dan tanaman butuh penanganan khusus dan tidak bercampur dengan barang lain dalam kategori general cargo (genco). Pengurusan surat karantina. Ikan dan tanaman hias merupakan jenis kargo dengan kategori special cargo sehingga butuh surat karantina sebagai surat jalan, menjadi persyaratan untuk pengiriman ikan, dan tanaman hias ke luar pulau. TIKI memiliki layanan pengurusan surat karantina akan semakin memudahkan pelanggan.

Perhatikan kerapian dan ketepatan penggunaan media untuk pengemasan produk yang akan dikirim agar menjaga kondisi produk tetap aman. Penting juga mengondisikan ikan dan tanaman agar kebutuhan nutrisi tetap terpenuhi selama pengiriman. Contohnya, untuk media pengiriman tanaman sebaiknya memperhatikan ukuran tanaman apakah cukup memakai kardus atau harus menggunakan kayu pallet. Akar tanaman juga sebaiknya dibungkus tanah yang telah diberi nutrisi. Untuk pengiriman ikan, periksa ph air dan oksigen dalam air cukup selama pengiriman. Lapisi plastik ikan dengan koran dan gunakan Styrofoam.

Untuk pengiriman ikan dan tanaman hias ini, TIKI menyediakan berbagai pilihan produk layanan. Untuk pengiriman mengutamakan kecepatan, TIKI memiliki produk Over Night Service (ONS), dan Two Days Service (TDS). Sementara untuk pengiriman berbiaya ekonomis, TIKI memiliki produk Regular (REG) dan Economy (ECO). ”Dengan berbagai pilihan produk layanan itu, penjual dan pembeli memiliki fleksibilitas sesuai kebutuhan pengiriman. Tentu dengan kualitas layanan terbaik,” pungkas Yulina. (mdo)



Apa Pendapatmu?