Alexa Metrics

Berbagi dan Senyum di HUT Ke-10 indopos.co.id

Berbagi dan Senyum di HUT Ke-10 indopos.co.id juni Armanto-2

Oleh : Juni Armanto*

indopos.co.id – Ada yang berbeda dari perayaan ulang tahun indopos.co.id atau Indopos Online pada tahun ini. Pada perayaan HUT ke-10 pada 3 November 2020, Indopos Online menggelar aksi sosial selama tiga hari berturut-turut antara 24-26 November 2020. Tema kegiatan ini adalah ‘Berbagi di Tengah Pandemi Covid-19’.

Kami sadar bahwa dampak Pandemi Corona atau Covid-19 ini sangat luar biasa, sehingga banyak orang yang mengalami kesulitan, khususnya dari sisi ekonomi. Kondisi itu juga terimbas terhadap anak-anak yatim, yatim piatu, kaum duafa, dan jompo di panti-panti asuhan.

Di tengah keprihatinan itulah, Indopos Online ingin hadir di antara mereka. Membantu meringankan beban dan mencoba membangkitkan semangat menghadapi kondisi saat ini.

Indopos Online sendiri sebenarnya mengalami dampak Pandemi Corona. Namun kami merenungi, ada saudara-saudara kita yang lebih terimbas. Adalah anak-anak yatim, yatim piatu, kaum duafa, dan jompo. Kami ingin mereka tetap bahagia sesuai tagline HUT ke-10 indopos.co.id, ‘Senyum November’.

Ada sebanyak 20 panti yatim, kaum duafa, dan jompo, serta panti rehabilitasi jiwa yang kami sambangi satu per satu. Panti-panti tersebut tersebar di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).

Tak hanya dari kalangan muslim, panti-panti yang disasar Tim indopos.co.id termasuk dari nonmuslim. Bantuan yang disalurkan baik berupa barang maupun uang tunai. Bantuan barang antara lain bingkisan makanan dan minuman, sembako, serta peralatan untuk mencegah penyebaran Covid-19 seperti hand sanitizer dan masker. Bantuan yang diberikan merupakan kerja sama Indopos Online dengan sejumlah pihak.

Di sela-sela tugas utama menjalankan roda perusahaan media, Tim Indopos Online menyasar 20 panti selama tiga hari. Setiap tim yang menyebar ke panti-panti terdiri dari tiga sampai lima orang.

Mereka mulai dari reporter, fotografer, redaktur, IT, uploader, marketing iklan, pemimpin redaksi (pemred), wakil pemimpin redaksi (wapemred) sampai direktur turun tangan membagikan bantuan ke panti-panti.

Dalam menjalankan misi bantuan, tim tetap mengacu pada protokol kesehatan dengan mengenakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

Sebelum tim bergerak ke panti-panti, terlebih dahulu keluarga besar indopos.co.id menggelar syukuran bersama para petinggi di Kantor Indopos, Jalan Kebayoran Lama No 72, Jakarta Barat. Usai doa bersama, barulah dilakukan potong tumpeng sebagai tanda perayaan HUT ke-10 Indopos Online.

Hari pertama, Selasa, 24 November 2020 ada sekitar delapan panti yang disasar tim di antaranya wilayah Jakarta, yakni Pasar Minggu, Pasar Jumat, Pejaten, dan Cipete; disusul kawasan Depok seperti di Cimanggis dan dua panti di Tapos, disusul Gunung Sindur, Kabupaten Bogor.

Kemudian, hari kedua, pada Rabu, 25 November 2020 ada enam panti antara lain di Pesanggrahan dan Jagakarsa, Jakarta; Ciledug, Tangerang Selatan; Bekasi; dan dua panti di Tangerang.

Hari terakhir, terdapat enam panti yang dikunjungi tim di kawasan Jakarta seperti Kemandoran, Kemanggisan, tiga panti di Kebon Jeruk, dan Pejompongan.

Puncak penutupan kegiatan sosial digelar di Panti Yatim Putra Nusa, Pejompongan, Jakarta Pusat pada Kamis (26/11/2020). Acara dilakukan dengan doa bersama dan potong tumpeng bersama pengurus dan anak-anak panti.

Banyak kisah yang dialami Tim indopos.co.id saat mendatangi panti-panti tersebut. Mulai dari menyusuri gang sempit untuk mencapai panti, sampai digonggong anjing saat tiba di panti. Belum lagi panas terik matahari dan hujan turun, toh perjuangan dan semangat Tim Indopos Online untuk memberikan bantuan tersebut tak pernah surut.

Terima kasih kepada sejumlah pihak, sehingga kegiatan sosial ini berjalan dengan baik dan lancar. Terima kasih untuk seluruh kru Indopos Online. Semoga menjadi berkah bagi kita semua. Amin ya Rabbal Alamin!

Salut untuk kawan-kawan! Bravo indopos.co.id, jaya Indopos Online. (*)

*Pemred indopos.co.id



Apa Pendapatmu?