Alexa Metrics

Banyak Laporan Listrik Padam di Bekasi, Begini Penjelasan PLN

Banyak Laporan Listrik Padam di Bekasi, Begini Penjelasan PLN Foto: Istimewa

indopos.co.id – Satu bulan terakhir atau November 2020 ini, banyak masyarakat dan perkantoran mengeluhkan seringnya listrik padam. Kondisi ini di perparah padamnya listrik pada jam-jam sibuk aktivitas kerja.

Kekinian, sejumlah wilayah mengalami padam listrik seperti di jalur Very Very Important Person (VVIP) seperti perkantoran gedung DPRD Kota Bekasi, RS Awal Bros dan Mall BTC. Setelah ditelusuri, rupanya dampak padam listrik akibat adanya proyek galian yang mengenai kabel milik PLN.

“Beberapa kejadian padam listrik akibat matrial, ada beberapa juga yang disebabkan karena kegiatan pekerjaan pembangunan khususnya perbaikan jalan di seputaran Kota Bekasi,” kata Manager Bagian Jaringan PLN UP3 Bekasi, Deni Cardiana, Kamis (26/11/2020).

Contohnya yaitu berada di depan Mall BTC, Jalan Joyo Martono, Bekasi Timur, Kota Bekasi. Listrik mengalami padam lantaran adanya kegiatan perbaikan jalan atau pemasangan unit. “Aset kita terkena kegiatan becko sehingga menyebabkan ganguan,” ungkap dia.

Sama halnya, sambung Deni, padam listrik di wilayah Mustikajaya dan Bekasi Utara beberapa waktu lalu. Perbaikan jalan dibarengi dengan proyek galian milik pemerintah daerah mengenai aset milik PLN hingga terjadinya pemadaman listrik.

Perusahaan plat merah ini meminta kepada pemerintah daerah untuk meningkatkan komunikasi jika ada proyek infrastruktur. Hal itu guna meminimalisir adanya gangguan kelistrikan yang berdampak pada masyarakat luas.

Menurut Deni, Pemerintah Kota Bekasi sejatinya sudah membuka komunikasi. Hanya saja untuk proyek-proyek dengan skala besar. Tetapi, informasi proyek infrastruktur perbaikan jalan belum ia dapati.

Ia menegaskan kepada pemerintah daerah untuk terus berkomunikasi dalam bentuk apapun apabila sedang menjalankan proyek galian atau perbaikan jalan. Sehingga, PLN dapat membantu memonitoring kegiatan pemerintah daerah.

“Seandainya ada koordinasi mungkin kami bisa mengawal, sehingga kejadian yang merusak aset PLN bisa kita cegah lebih awal,” imbuhnya.

Deni mencatat, pada bulan November 2020 ini telah terjadi 18 kali trip fider. Hanya saja, 13 trip fider itu adalah dampak dari terganggunya aset PLN akibat dampak pembangunan atau galian infrastruktur jalan skala kecil.

“Jadi masyarakat tahunya itu kalau listrik padam ya karena PLN. Padahal ada gangguan aset kita,” katanya. (mdo)



Apa Pendapatmu?