Alexa Metrics

Rizal Djalil Mangkir Panggilan KPK

Rizal Djalil Mangkir Panggilan KPK SAKSI – Mantan anggota BPK Rizal Djalil (peci hitam).

indopos.co.id – Mantan anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Rizal Djalil tidak memenuhi panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jumat (27/11/2020).

Panggilan Rizal untuk diperiksa sebagai saksi dalam penyidikan kasus suap proyek pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di Kementerian PUPR Tahun Anggaran 2017-2018.

“Rizal Djalil mengirimkan surat pemberitahuan tidak hadir dan akan dilakukan penjadwalan ulang,” ujar Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri dalam keterangannya di Jakarta, Jumat (27/11/2020).

KPK memanggil Rizal sebagai saksi untuk tersangka Komisaris Utama PT Minarta Dutahutama Leonardo Jusminarta Prasetyo (LJP). Diketahui, Rizal juga menyandang status tersangka kasus SPAM tersebut, namun KPK memanggil yang bersangkutan sebagai saksi.

Selain itu, KPK hari ini juga memanggil Leonardo sebagai saksi untuk tersangka Rizal. Leonardo hadir memenuhi panggilan penyidik.

“Diperiksa sebagai saksi untuk tersangka RD (Rizal Djalil), penyidik mengonfirmasi terkait keikutsertaan perusahaan saksi dalam proses lelang proyek pembangunan SPAM di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Tahun Anggaran 2017-2018,” kata Ali.

Untuk diketahui dalam pengembangan kasus SPAM, KPK telah menetapkan Rizal dan Leonardo sebagai tersangka pada 25 September 2019. Namun, keduanya belum ditahan KPK sampai saat ini.

Dalam konstruksi perkara disebutkan bahwa pada Oktober 2016, BPK RI melakukan pemeriksaan pada Direktorat SPAM Kementerian PUPR sebagaimana tertuang dalam Surat Tugas BPK RI tertanggal 21 Oktober 2016. Surat ditandatangani oleh tersangka Rizal dalam kapasitas sebagai anggota IV BPK RI saat itu. (ant/rul)



Apa Pendapatmu?