Alexa Metrics

Peningkatan Sarana dan Prasarana Stadion Penting untuk Peningkatan Prestasi Sepakbola Indonesia

Peningkatan Sarana dan Prasarana Stadion Penting untuk Peningkatan Prestasi Sepakbola Indonesia Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali didampingi Wakil Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Iwan Budianto (kiri), meninjau Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung, Sabtu (28/11/2020). Foto: Humas Kemenpora

indopos.co.id – Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali meninjau Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung, Sabtu (28/11/2020). Pembenahan infrastruktur stadion menurut Zainudin menjadi langkah penting untuk mendukung kemajuan masa depan sepakbola Indonesia.

Beberapa stadion di Jawa Barat saat ini sedang berbenah sebagai salah satu upaya untuk memajukan sepakbola Indonesia. Selain Si Jalak Harupat, Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, dan lapangan Stadion Persib, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung, juga dibenahi.

“Kami lihat beberapa lapangan dalam rangka implementasi Inpres no 3 tahun 2019 tentang pesepakbolaan nasional. Prestasi sepak bola semakin bagus dan maju maka ada hal-hal yang harus dibenahi, termasuk dari situ sarana prasarana,” jelas Zainudi.

Menurut dia, Stadion Si Jalak Harupat satu di antara yang menjadi prioritas. Pembenahan sarana dan prasarana olahraga menjadi salah satu cara untuk meningkatkan prestasi, termasuk sepak bola sendiri. “Stadion Si Jalak Harupat adalah salah satu yang menjadi prioritas dari kegiatan sepak bola kita dan pada saat Asian Games, SJH jadi salah satu stadionnya,” tambahnya

Menpora menyampaikan penggemar sepakbola di Bandung Raya menjadi salah satu prioritas di Piala Dunia. Sehingga peningkatan sarana dan prasarana di Stadion Si Jalak Harupat ini menjadi prioritas tersendiri.

“Antusias masyarakat Bandung sangat luar biasa terhadap sepakbola, oleh karenanya pembenahan stadion di Jawa Barat sangat penting dan prioritas,” ujarnya.

Wakil Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Iwan Budianto mengapresiasi atas dukungan Menpora kepada cabang sepak bola. “Sepakbola harus tetap bergelora di tengah masyarakat walau kompetisi berbagai kasta di Indonesia sementara ini harus dihentikan,” tegas Iwan.

Maka itu, pihaknya selaku PSSI hanya mengapresiasi apa yang dilakukan Menpora untuk mengimplementasikan Inpres.

“Bayangkan saja disaat belum ada pandemi saja, kita sulit untuk mengimplementasikan, sekarang di tengah pandemi ada inovasi ini, juga tak lepas dari event internasional yang ingin dicapai negeri ini pada 2032 nanti. Siapa yang bertanding di sana ya anak-anak seusia sekarang ikut fun jugling,” ucap Iwan.

Bupati Bandung Dadang M. Naser menyebut kesiapan Stadion Si Jalak Harupat ini hampir selesai. Setidaknya masih ada 20 persen dari total yang perlu dibenahi di Stadion Si Jalak Harupat.

“Si Jalak Harupat ini kelengkapannya tinggal menambah lampu dari kapasitas dua ribu menjadi 2500 lux. Kemudian ada treatment lapangan dan sound system yang juga harus kuat, jangan sampai jelek,” kata dia.

Dadang mengakui dengan dukungan pemerintah pusat dan stakeholder lainnya, pembenahan Stadion Si Jalak Harupat ini akan selesai tepat waktu. Sehingga, Stadion Si Jalak Harupat akan kembali digunakan setelah sebelumnya digunakan di ajang Asian Games.(rmn)



Apa Pendapatmu?