Alexa Metrics

Pandemi COVID-19, Pelaku Usaha Dituntut Kreatif dan Optimalkan Teknologi Digital

Pandemi COVID-19, Pelaku Usaha Dituntut Kreatif dan Optimalkan Teknologi Digital Ilustrasi. Seorang pelaku UMKM sedang memasarkan produknya melalui aplikasi.

indopos.co.id – Selain memberi tekanan pada semua kegiatan ekonomi, Pandemi COVID-19 juga memberikan kesempatan bagus buat pembaharuan bisnis. Memberikan jalan bagi review efisiensi dan kreatifitas dalam berusaha.

Hal tersebut disampaikan Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga, saat webinar Memetakan Peluang Bisnis dimasa Pandemi COVID-19 yang diselenggarakan STIE Bisnis Indonesia, beberapa waktu lalu.

“Pada intinya, ini seperti sebuah review besar terhadap fleksibilitas dan reliabilitas sebuah bisnis. Baik dalam konteks mikro maupun makro. Kita direview secara mendasar melalui wabah ini agar kita bisa merancang konsep bisnis yang bisa berjalan di konteks apapun,” ujarnya.

Karena itu menurut Jerry, kreativitas menjadi kunci. Dia menyebut bahwa teknologi digital memberikan jalan lebar bagi munculnya kreatifitas-kreatifitas dalam berbisnis. Baik untuk memperbaharui bisnis lama maupun menggarap potensi bisnis baru.

“Kementerian Perdagangan juga melakukan review. Terutama mengenai potensi ekpor baru yang selama ini belum digarap secara optimal. Yaitu ekspor produk digital dan produk berbasis teknologi,” ujarnya.

Jerry juga mengatakan, pandemi memberikan kesempatan bagi evaluasi terhadap efisiensi bisnis. “Pada intinya, ada sistem besar yang terus diupayakan oleh pemerintah. Pandemi ini justru menjadi salah satu katalisator bagi bisnis dan sistem ekonomi yang efisien tersebut,” pungkasnya.(dai)



Apa Pendapatmu?