Alexa Metrics

Lahan Pemakaman COVID-19 di Bekasi Penuh

Lahan Pemakaman COVID-19 di Bekasi Penuh Ilustrasi: Petugas pemakaman COVID-19 di TPU Pondok Rangon, Jakarta Timur. Foto: Instagram/@dkijakarta

indopos.co.id – Persediaan lahan khusus pemakaman muslim khusus pasien COVID-19 di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Pedurenan Kota Bekasi sudah habis. Lahan seluas 4000 meter per segi itu tersisa 300 meter.

“Khusus untuk pemakaman muslim pasien COVID-19 sudah habis akhir bulan ini,” kata Kepala Unit Pelaksana Tekhnis Daerah (UPTD) TPU Pedurenan, Kota Bekasi, Yayan Sopian, Minggu (29/11/2020)

Sisa lahan itu kata Yayan, karena masih terjadinya angka kematian hasil diagnosa COVID-19. Setiap hari, korban yang meninggal sampai 4 orang. “Kalau satu jenazah dimakamkan bisa menghabiskan 200 meter, karena kan pakai peti jadi luas,” katanya.

Sejauh ini kata Yayan, lahan yang disiapkan untuk pemakaman hasil diagnosa COVID-19 di TPU Pedurenan, seluas 6000 meter persegi. Lahan itu dibagi dua blok, untuk blok muslim, dan blok non muslim. “Yang untuk blok muslim seluas 4000 meter itu sudah habis, tapi blok non muslim 2000 meter masih tersedia banyak,” katanya.

Dia mengaku, sampai dengan 26 November 2020 jumlahnya mencapai 626 pemakaman. Untuk pasien yang positif hasil diagnosa sebanyak 315 pemakaman, dan penyakit menular khusus protokol sebanyak 311 pemakaman.

Meski begitu kata Yayan, pihaknya sudah menyiapkan ketersediaan lahan baru untuk pasien diagnosa COVID-19. Menurutnya, lahan itu akan disiapkan di lahan seluas 2000 meter per segi. “Lokasinya masih sama, bersebelahan dengan lahan yang lama, kita segera usulkan,” katanya. (dny)



Apa Pendapatmu?