Alexa Metrics

Masih Zona Kuning, Apartemen Kalibata City Perketat Prokes Selama Pandemi COVID-19

Masih Zona Kuning, Apartemen Kalibata City Perketat Prokes Selama Pandemi COVID-19 cek-suhu-tubuh

indopos.co.id – Memiliki padatnya penghuni dan masih dalam zona kuning tak menyurutkan pihak pengelola Apartemen Kalibata City, Pancoran, Jakarta dalam memperketat protokol kesehatan.

Siang ini, Senin (30/11/2020), petugas satpam setempat mengecek setiap penghuni maupun pengunjung dengan thermo gun. Para penghuni pun diharuskan mencuci tangan sebelum memasuki tower – tower yang ada di Apartemen Kalibata City itu.

Adapun kebiasaan baru dengan ketatnya protokol kesehatan diterapkan pihak pengelola Apartemen Kalibata City sejak virus corona atau COVID-19 merebak di Indonesia, khususnya di DKI Jakarta.

Terlebih apartemen yang berada di Jalan Kalibata Raya itu padat penghuni, sehingga aturan protokol kesehatan dari pemerintah sudah menjadi aturan baku yang wajib dijalani seluruh penghuni.

Bahkan jika ada penghuni yang terpapar COVID-19 maka petugas Gugus Tugas COVID -19 akan bergerak cepat merujuk penghuni/pasien apartemen ke Wisma Atlet Kemayoran.

Ketua Gugus Tugas COVID-19 Apartemen Kalibata City, Bagus Himawan menerangkan, tidak hanya sebatas merujuk pasien ke Wisma Atlet Kemayoran, pihaknya juga akan melakukan penyemprotan disinfektan apabila ditemukan penghuni positif COVID-19.

“Jika ada penghuni yang terkena dilakukan semprot disinfektan dilokasi,” tegas Bagus Himawan di Jakarta.

Sedangkan Manager Area Apartemen Kalibata City, Ishak Lopung menuturkan, ketentuan baru tersebut merupakan langkah pihaknya dalam mencegah penyebaran virus corona atau COVID-19 di Apartemen Kalibata City.

Karena, sambungnya, potensi lahirnya kluster apartemen atau penyebaran virus corona di lingkungan apartemen sangat mungkin terjadi. Mengingat akses masuk apartemen yang sangat terbatas, yaitu melewati lift ataupun tangga.

Sejurus daripada hal tersebut, pihaknya menyusun protokol kesehatan di apartemen, mulai dari mencuci tangan hingga membersihkan area publik, seperti tangga, lift, tangga sampai pujasera.

“Protokol kesehatan COVID-19 ketat kami terapkan, dimulai dari cuci tangan, dan lift pun kami sediakan sensor lift dan parkir, serta setiap penghuni dicek suhu,” tandas Ishak.

Ishak melanjutkan kembali bahwa pihaknya juga telah membentuk Satgas COVID-19. Satgas yang berasal dari kalangan pengelola, karyawan sampai pada petugas keamanan bersama-sama melawan COVID-19.

“Kami juga membentuk Satgas COVID-19 Apartemen Kalibata City, ada sekitar 30-40an, mereka bertugas mendisiplinkan penghuni agar mematuhi protokol kesehatan,” ungkap Ishak.

Dalam hal ini, upaya yang telah dilakukan pihaknya, lanjut Ishak, guna memperbaiki status Apartemen Kalibata City yang kini masih ditetapkan sebagai zona kuning.

“Kami bekerja sama dan berkoordinasi dengan kelurahan. Jika ada penghuni yang terpapar kami selalu kordinasikan,” ujar Ishak.

“Apakah dikirim ke Wisma Atlit ataupun ke Isolasi Mandiri, jika ada penghuni isolasi mandiri supaya berkoordinasi kami berikan sembako dan makanan,” tambahnya.

Ishak menambahkan, pihaknya bekerja sama dengan Tiga Pilar, yakni Pemkot Jakarta Selatan, Polres Jakarta Selatan dan Kodim dalam menindak pelanggaran protokol kesehatan. Diantaranya membubarkan jika ada kerumunan di lingkungan Apartemen Kalibata City.

“Kami koordinasi dengan security dan Tiga Pilar Jakarta Selatan membubarkan kerumunan dan selalu sweeping. Kami juga berkoordinasi dengan Polda Metro Jaya agar Kalibata ini menjadi Apartemen Bebas COVID atau ABC,” tutupnya. (ibl)



Apa Pendapatmu?