Alexa Metrics

Casio Donasikan 100 Kalkulator Ilmiah kepada Dinas Pendidikan Jakarta

Casio Donasikan 100 Kalkulator Ilmiah kepada Dinas Pendidikan Jakarta warta 1

indopos.co.id – Dalam rangka mendukung perkembangan pembelajaran online, Casio Singapore Pte Ltd. Jakarta Representative Office mendonasikan 100 buah kalkulator ilmiah kepada Dinas Pendidikan Jakarta pada 23 Oktober yang lalu.

Casio mendirikan program “GAKUHAN” dimana Casio bertekad untuk tidak hanya semata-mata menjual produk mereka, tapi juga ikut serta secara aktif dalam pengembangan kualitas pendidikan secara global. Hal ini diwujudkan dengan bekerja sama dengan beragam institusi pendidikan serta para pengajar dari seluruh dunia untuk terus menginovasikan cara mengajar dan mengembangkan materi pengajaran dengan menggunakan kalkulator, serta untuk terus menilai dan mengevaluasi sistem pengajaran secara berkelanjutan.

Sebagai realisasi dari program “GAKUHAN” di Indonesia, Casio telah mengadakan program pelatihan untuk guru-guru matematika dan mengadakan beragam perlombaan matematika sejak tahun 2016. Pada tahun 2018, Casio juga menandatangani MOU dengan Kementerian Pendidikan dan Budaya yang secara formal menjadikan Casio sebagai partner untuk mengembangkan kualitas para pengajar demi meningkatkan kemampuan para pelajar dari segi STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) yang pada akhirnya akan memajukan kualitas pendidikan STEM di Indonesia.

Pandemi COVID-19 di Indonesia yang semakin meluas sejak awal tahun 2020 mengharuskan sekolah-sekolah di seluruh penjuru negeri ditutup sementara sehingga kegiatan belajar-mengajar dilakukan dari rumah mulai dari bulan Maret 2020. Maka dari itu Kementerian Pendidikan dan Budaya Indonesia merekomendasikan para guru dan murid untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran melalui perangkat seluler pintar (smartphone) dan komputer secara online (daring).

Terkait dengan sistem pembelajaran online, UNICEF mengadakan survei terhadap sekitar 4,000 murid SD sampai SMA di 34 provinsi di Indonesia sejak bulan Mei sampai Juni 2020. Berdasarkan hasil dari survei tersebut, 66% murid menjawab bahwa mereka tidak merasa puas dengan sistem pembelajaran online. Dari segi kendala pembelajaran online, 38% murid menjawab bahwa mereka merasakan kurangnya bimbingan langsung dari guru, dan 35% murid menjawab bahwa mereka kesulitan belajar online dikarenakan infrastruktur internet yang tidak mendukung.

Sebagai salah satu program khusus dalam dukungan di masa pandemi COVID-19 untuk pengembangan sistem pembelajaran online, Casio mendonasikan 100 buah kalkulator ilmiah tipe Classwiz kepada Dinas Pendidikan Jakarta pada tanggal 23 Oktober yang mana direncanakan untuk dibagikan kepada 50 SMA dan 50 SMK. Donasi ini adalah bentuk dukungan Casio untuk memudahkan proses pembelajaran matematika di sekolah-sekolah tersebut.

Chief Representative dari Casio Singapore Pte Ltd. Jakarta Representative Office, Bapak Kimura mengatakan, “Sebagai dukungan Casio untuk terus mengembangkan kualitas pendidikan di Indonesia, kami telah mengadakan banyak program pelatihan untuk para pengajar matematika secara tatap muka dan online. Kami terus berjalan bersama para guru untuk terus mengembangkan materi pembelajaran inovatif yang didasari pada kemajuan teknologi kalkulator ilmiah. Sebagai ibukota dari Indonesia, Jakarta merupakan kota dimana sistem serta lingkungan pendidikannya terus berkembang secara cepat. Kami berharap donasi kalkulator ilmiah ini bisa membantu pembentukan lingkungan pembelajaran yang kian berkembang, terutama dalam era dimana murid-murid harus belajar dari rumah secara online dikarenakan pandemi COVID-19. Selain itu, kami berharap kepada para guru untuk dapat menggunakan kemudahan teknologi yang ada di kalkulator ilmiah Classwiz seperti fitur spreadsheet dan fitur QR code dalam rangka mengembangkan cara pengajaran yang efektif dan menarik, serta kepada para murid agar bisa menggunakan kalkulator ilmiah sebagai salah satu sarana mencari cara yang menyenangkan untuk memecahkan soal-soal dan tantangan yang ditemui. Bukan hanya dari segi peningkatan kemampuan matematika para murid, Casio juga akan terus bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Jakarta dalam pengembangan kemampuan berpikir kritis yang menjadi salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh para murid di era saat ini dan yang akan datang.”

Menanggapi hal ini, Kepala Hubungan Masyarakat Dinas Pendidikan Jakarta, Bapak Soni berkomentar, “Kami berterima kasih kepada Casio untuk segala program yang telah diadakan untuk pengembangan kemampuan guru-guru kami serta untuk donasi kalkulator ilmiah ini sebagai bentuk dukungan Casio untuk terus meningkatkan kualitas lingkungan pendidikan terutama di masa pandemi COVID-19 saat ini. Besar harapan kami untuk bisa bekerja sama dengan Casio di banyak kesempatan yang akan datang dalam segi mengembangkan kualitas pendidikan.” (mdo)



Apa Pendapatmu?