Alexa Metrics

Luhut Tegaskan Kasus COVID-19 Melonjak, Jangan Ada Lagi Kerumunan

Luhut Tegaskan Kasus COVID-19 Melonjak, Jangan Ada Lagi Kerumunan Luhut Pandjaitan. DOK Indopos

indopos.co.id – Menyusul melonjaknya kasus positif COVID-19, Wakil Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Luhut Binsar Pandjaitan meminta kepada seluruh stake holder supaya tidak lagi mengizinkan masyarakat berkerumun dalam jumlah besar.

Menurut Luhut, lonjakan kasus di DKI Jakarta dan Bali menyusul liburan panjang pada akhir bulan Oktober lalu. ”Saya ingin kita semua bersepakat supaya jangan ada lagi kerumunan dengan alasan apapun untuk beberapa waktu ke depan,” ujar Luhut dalam Rakor Virtual Penanganan COVID-19 di DKI Jakarta dan Bali, Selasa (1/12/2020).

Ia juga Ditjen Farmasi dan Alat Kesehatan Kemenkes RI saling mengecek ketersediaan obat yang ada di daerah. Karena menurut Luhut jangan sampai ada orang yang meninggal justru karena rumah sakit kehabisan obat, padahal nyawa pasiennya masih bisa tertolong bilamana ada obat tersedia.

”Jadi jangan sampai ada orang yang meninggal karena kelalaian kita untuk mengecek ketersediaan obat sehingga obat habis,” lontar Luhut yang juga Menko Maritim dan Investasi sekaligus Menteri Kelautan dan Perikanan Ad Interim ini.

Selain itu, Luhut juga meminta Kemenkes RI memastikan kapasitas ICU dan ruang isolasi pasien COVID-19 di seluruh RS tercukupi. Khusus untuk Bali, Luhut meminta Pemda setempat segera menambah fasilitas isolasi terpusat, terutama di Kabupaten Tabanan. (ind)



Apa Pendapatmu?