Alexa Metrics

Kemensos Gelontorkan Rp1,7 Miliar untuk Tangani Erupsi Gunung Merapi

Kemensos Gelontorkan Rp1,7 Miliar untuk Tangani Erupsi Gunung Merapi Ilustrasi Erupsi Gunung Merapi

indopos.co.id – Kementerian Sosial (Kemensos) telah menggelontorkan anggaran sebesar Rp1.746.706.984 untuk menangani erupsi gunung merapi di Yogyakarta.

Sebesar Rp870.019.700 dari anggaran itu untuk Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dengan rincian bantuan logistik sebesar Rp622.019.700 untuk makanan anak 600 paket, kasur 500 lembar, matras 1.000 lembar, selimut 1.000 lembar dan paket sandang 300 lembar, serta untuk tenda serbaguna keluarga sebanyak 10 unit senilai Rp248 juta.

Kemudian untuk Pemerintah Provinsi Jawa Tengah sebesar Rp876.687.284 dengan rincian bantuan logistik sebesar Rp628.687.284 untuk makanan anak 712 paket, kasur 500 lembar, matras 1.000 lembar, selimut 1.000 lembar dan paket sandang 300 lembar. Serta tenda serbaguna keluarga 10 unit senilai Rp248 juta.

Di sini, Kemensos bersama Komisi VIII DPR RI memberikan bantuan sebanyak 180 lembar alas tidur dan selimut untuk pengungsi di posko pengungsian Glagaharjo, Kapanewon Cangkringan, Kabupaten Sleman, DIY.

Bantuan itu diserahkan Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Ace Hasan Syadzily didampingi Kepala Sub Direktorat Kesiapsiagaan dan Mitigasi Kemensos, Iyan Kusmadiana kepada perwakilan pengungsi. Upaya Kemensos ini pun menuai apresiasi dari DPR RI.

“Bantuan ini merupakan bentuk kepedulian bersama Kemensos dan DPR RI kepada pengungsi erupsi merapi. Kami melihat penanganan pengungsi di sini sudah bagus, sehingga kami memberikan bantuan alas tidur dan selimut agar pengungsi bisa lebih nyaman,” kata Ace kepada media, melalui keterangan tertulis, Selasa (1/12/2020).

Politisi Partai Golongan Karya (Golkar) ini berharap, bantuan ini dapat meringankan pengungsi yang mayoritas masyarakat kelompok rentan dan membuka akses terhadap fasilitas kesehatan dan air bersih.

Hal senada juga sampaikan lembaga swadaya masyarakat (LSM), Jaringan Islam Kebangsaan (JIK). Jaringan dai dan mubaligh muda yang fokus pada isu-isu kebangsaan ini mengapresiasi langkah cepat Kemensos dalam hal pemberian bantuan tersebut.

“Kami bersyukur dan berterima kasih kepada Kemensos yang memiliki sense of crisis yang tinggi sehingga dapat menekan angka korban dari musibah erupsi gunung merapi saat ini. Meski penanganan bencana masih di skala kabupaten, Kemensos hadir dalam posisi memberikan support kepada pemerintah daerah,” kata Koordinator Nasional JIK, Irfaan Sanoesi, kepada media, melalui keterangan tertulis, Selasa (1/12/2020).

Menurut JIK, bantuan Kemensos merupakan support besar bagi pemerintah daerah (pemda) setempat dalam penanganan masyarakat terdampak erupsi. Sehingga pemda bisa terus berkoordinasi dan komunikasi bahu-membahu memprioritaskan kelompok masyarakat rentan di antara korban terdampak erupsi.

“Sebagian besar masyarakat yang terdampak adalah kelompok rentan dan juga anak-anak. Semoga (baik Kemensos maupun pemda) bisa bahu-membahu menangani mereka secara manusiawi,” pungkasnya.(mdo)



Apa Pendapatmu?