Alexa Metrics

Anies Minta Orang-orang yang Berinteraksi Dengannya Segera Tes Swab

Anies Minta Orang-orang yang Berinteraksi Dengannya Segera Tes Swab POSITIF- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.FOTO:IST

indopos.co.id – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan positif terpapar COVID-19 pada Selasa (1/11/2020) dini hari. Setelah itu, Anies memilih mengumumkan dirinya positif corona melalui tayangan video berdurasi empat menit 53 detik.

Dalam tayangan tersebut Anies menjelaskan, dirinya termasuk yang cukup rutin menjalani pemeriksaan swab test atau tes usap COVID-19. Sebelum dinyatakan positif, ia mengaku terakhir kali menjalani pemeriksaan rutin pada Rabu (25/11/2020).

“Dari pemeriksaan itu, diketahui bahwa hasilnya ternyata negatif COVID-19,” kata Anies Baswedan pada Selasa (1/12/2020). Anies mengatakan, selang beberapa hari kemudianWakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria dinyatakan positif COVID-19. Ariza diduga tertular dari staf pribadinya yang sebelumnya tertular dari klaster keluarga.

Karena merasa melakukan kontak dengan wakilnya itu, sesuai protokol kesehatan, Anies Baswedan lalu memeriksakan dirinya melalui tes swab anti gent pada Minggu (29/11/2020). Hasil tes Anies diketahui negatif. Kemudian, sebagai tindak lanjut dari swab antigen, Anies kembali melakukan pemeriksaan dengan swab test PCR pada Senin (30/11/2020). Pada dini hari atau (1/12/2020) dini hari, Anies dikabari bahwa dirinya positif COVID-19.

“Ternyata malamnya atau dini hari saya mendapat kabar kalau hasilnya positif. Hasil tes PCR menyatakan saya positif,” ujar Anies. Anies mengatakan, dirinya memilih mengumumkan hasil swab test-nya kepada publik sebagai langkah transparansi. “Saya memilih mengumumkan pada kesempatan pertama pagi hari ini sebagai mana kita lakukan dalam penanganan COVID-19 sejak Maret lalu,” kata Anies.

“Kita sampikan apa adanya transparan tidak ditambah tidak dikurangi dan diberikan secara lengkap menyangkut kebijakan kita, begitu juga menyangkut yang saya hadapi pada hari ini,” ujarnya. Menurut Anies, meminta agar semua orang yang pernah berinteraksi dengannya dalam beberapa hari terkhir bisa langsung melakukan langkah isolasi mandiri atau tes swab. ”Bagi siapapun yang pernah bertemu saya dalam beberapa hari ini, silakan hubungi puskesmas terdekat untuk melakukan tes usap. Setelah itu tim tracing dari dinkes akan mendata dan menghubungi. Seluruh prosedur akan dijalankan,” ucapnya.

Anies mengaku saat ini dirinya dalam kondisi baik. Ia tidak mengalami gejala COVID-19. Setelah berkonsultasi dengan dokter, Anies akan menjalani isolasi mandiri dan mengikuti prosedur pengobatan yang dilakukan tim medis. (dni)



Apa Pendapatmu?