Alexa Metrics

Merek Minuman Haus! Serap Pendanaan Rp30 Miliar dari Dana Ventura Sembrani Nusantara

Merek Minuman Haus! Serap Pendanaan Rp30 Miliar dari Dana Ventura Sembrani Nusantara warta 1

indopos.co.id – Dana Ventura Sembrani Nusantara,
sebagai pionir dana ventura yang diberikan lisensi resmi OJK untuk
berinvestasi pada startup dan dikelola oleh BRI Ventures, mengumumkan
investasi pertamanya di luar sektor fintech. Perusahaan Modal Ventura di
bawah PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. ini berpartisipasi pada
pendanaan Seri-A dari merek minuman lokal Haus!

Investasi ini merupakan debut Dana Ventura Sembrani Nusantara sejak
dirilis pada pertengahan tahun 2020, dan menjadi investasi pertama yang
dilakukan oleh BRI Ventures sebagai pengelola dana ke luar sektor
fintech yang merupakan tujuan pendanaan dari dana kelolaan utamanya.
BRI Ventures menyatakan bahwa investasi kepada Haus! merupakan
langkah awal dari beberapa investasi lainnya di Dana Ventura Sembrani
Nusantara yang akan segera diumumkan dalam waktu dekat.

Dana Ventura Sembrani Nusantara sendiri diresmikan pada bulan Juni
2020 lalu dan bertujuan untuk menemukan serta membina para startup
lokal untuk memicu pertumbuhan ekosistem UMKM yang berkelanjutan.
Sembrani adalah istilah yang digunakan oleh BRI Ventures sebagai
refleksi terhadap perumpamaan “Unicorn” dalam menyebut perusahaan
yang memiliki valuasi senilai USD 1 Miliar atau lebih.

Hingga saat ini, Haus! memiliki lebih dari 100 outlet di sekitar
Jabodetabek dan Bandung. Dengan harga minuman mulai dari Rp 5.000
dan model bisnis yang agresif, Haus! melayani segmen konsumen yang
mayoritas terdiri dari generasi milenial dan Gen Z.

“Dengan pendanaan seri A ini, kami mendukung UMKM untuk ‘naik kelas’
untuk skalabilitas yang lebih besar, dan melaksanakan ekspansinya ke
luar Jabodetabek”, ucap Nicko Widjaja, CEO BRI Ventures. “Segmen B2C
kategori ini masih sangat luas, dan kami berharap untuk membuka ruang
kolaborasi dengan ekostem yang terpadu.”

CEO Haus Gufron Syarif mengatakan: “”Fokus kami adalah masuk ke
segmen masyarakat luas dengan membawa produk berharga terjangkau
dengan kualitas dan rasa yang baik. Kami sangat senang dengan
dukungan finansial dan strategis yag diberikan oleh BRI Group melalui
Dana Ventura Sembrani Nusantara. Inilah saatnya bagi kami untuk
membawa brand kami naik kelas.”

Gufron menambahkan, “Haus berfokus dalam melakukan penetrasi ke
segmen konsumen yang lebih luas dan memiliki strategi berbeda dengan
brand-brand high end yang ada di pasaran sekarang. Strategi kami
sebenarnya sederhana, Kami sederhananya percaya bahwa menjual
produk minuman dan makanan dengan harga yang terjangkau akan
dapat menarik lebih banyak konsumen di Indonesia. Sesuai dengan
slogan kami, “Semua orang berhak minum enak”, produk kami dihargai
mulai dari Rp 5.000. Dari aspek customer experience pun kami desain
sedemikian rupa sehingga kunjungan ke outlet kami menjadi nyaman bagi
segala golongan masyarakat.”

Pemberian investasi kepada Haus juga sangat pas dengan timing pasar
saat ini. Dengan tren produk siap minum, preferensi konsumen semakin
meningkat pada produk semacam ini karena dipersepsikan lebih segar
dan memiliki kualitas lebih tinggi.

Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa pengaruh COVID-19 telah
menyebabkan penurunan konsumsi masyarakat sehingga imbasnya juga
terasa di sektor makanan dan minuman. Penjualan produk siap minum
menurun baik melalui saluran penjualan walk-in maupun takeaway,
namun pengiriman online melalui platform seperti GrabFood dan Go-food
semakin meningkat. (adv)



Apa Pendapatmu?