Alexa Metrics

Sri Mulyani Ajak Semua Pihak Awasi APBN agar Tidak Dikorupsi

Sri Mulyani Ajak Semua Pihak Awasi APBN agar Tidak Dikorupsi Ilustrasi. Foto: Istimewa

indopos.co.id – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan Presiden Joko Widodo meminta implementasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2021 harus dilakukan sejak awal Januari.

Hal tersebut untuk membantu mengatasi wabah COVID-19 dan pemulihan pada tahun depan. Hal itu disampaikan Sri Mulyani melalui akun instagram pribadinya. “Presiden Jokowi telah menegaskan agar langkah-langkah implementasi APBN 2021 harus dapat dilaksanakan sejak awal Januari 2021,” kata Sri Mulyani, di Jakarta, Rabu, (2/11/2020).

Sri Mulyani mengatakan Dokumen Anggaran (DIPA) telah diserahkan lebih awal pada 25 November lalu. Sehingga pengadaan barang dan jasa bisa dilakukan sesegera mungkin di akhir tahun ini. Nantinya, alokasi belanja pada APBN 2021 sebesar Rp2.750 triliun akan diutamakan untuk melanjutkan program penanganan COVID-19 agar optimal.

“Anggaran tersebut diutamakan untuk melanjutkan program penanganan covid-19, seperti perlindungan sosial, vaksinasi, dan bantuan untuk sektoral serta pemda dalam pemulihan covid,” ujar Sri Mulyani.

APBN 2021 juga akan mendukung reformasi sektor penerimaan negara yang diharapkan mengembalikan konsolidasi dan kesehatan APBN. Sri Mulyani mengungkapkan bahwa APBN 2021 juga akan mendukung reformasi sektor penerimaan negara yang diharapkan mengembalikan konsolidasi dan kesehatan APBN.

“Mari kita awasi pengelolaan APBN kita agar efektif, akuntabel, tidak dikorupsi, dan fokus pada manfaat yang langsung dapat dinikmati oleh masyarakat,” tegasnya.(dni)



Apa Pendapatmu?