Alexa Metrics

Penetapan Daftar Calling Visa Harus Cermat

Penetapan Daftar Calling Visa Harus Cermat ilustrasi

indopos.co.id – Anggota Badan Legislasi DPR RI Bukhori Yusuf mengingatkan Pemerintah untuk lebih cermat menentukan daftar delapan negara yang menjadi subjek pelayanan ‘Calling Visa’.

Kecermatan itu, menurut Bukhori, untuk menjaga wibawa dan integritas Republik Indonesia dalam percaturan politik global terutama yang berkaitan dengan isu Palestina.

“Saya mengingatkan supaya Pemerintah lebih cermat dalam menentukan negara prioritas dan tidak mengorbankan kepentingan yang lebih besar, yakni kepercayaan rakyat Indonesia dan umat muslim dunia, terhadap komitmen Indonesia untuk menjadi bangsa yang terdepan dalam membela nilai perikemanusiaan dan perikeadilan bagi bangsa Palestina,” ujar Bukhori dalam pernyataan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu (2/12/2020).

Menurut Bukhori, Indonesia sudah sejak lama memiliki garis politik luar negeri yang tegas terhadap isu konflik Israel dengan Palestina.

Lebih lanjut, anggota Komisi VIII DPR RI itu menilai kebijakan pemberian pelayanan ‘Calling Visa’ untuk warga negara Israel dapat dinilai kontradiktif dengan komitmen Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang secara tegas mendukung hak warga negara Palestina.

Sikap tegas tersebut disampaikan Presiden Jokowi saat menyampaikan pidato di Sidang Majelis Umum ke-75 Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada 23 September 2020 silam. (ant/rul)



Apa Pendapatmu?