Alexa Metrics

Penanganan Banjir, Gladi Lapang Kampung Siaga Bencana di DKI Digelar

Penanganan Banjir, Gladi Lapang Kampung Siaga Bencana di DKI Digelar Ilustrasi. Warga melintas di RW05 Kebon Pala, Kampung Melayu, Jakarta Timur, yang tergenang banjir hingga kedalaman 1,5 meter akibat luapan Kali Ciliwung, Selasa (19/5/2020). (ANTARA

indopos.co.id – Gladi Lapang Kampung Siaga Bencana digelar oleh Pemprov DKI Jakarta. Antisipasi penanganan banjir tersebut dilakukan warga di GOR Pancoran, Jalan Pengadegan Timur 1, No. 9d, Pengadegan, Kecamatan Pancoran, Kamis (2/12/2020). Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Selatan mulai melakukan simulasi penanggulangan banjir, di Kampung Siaga Bencana RW 01 Kelurahan Pengadegan itu.

Adapun simulasi yang dilakukan antara lain penanganan pengungsi, koordinasi dapur umum, penyediaan sarana dan prasarana yang dibutuhkan dalam penanganan banjir, penyediaan posko dan berbagai jenis kebutuhannya seperti Tenda Pengungsi, Mobil Toilet, Genset, Tali Tambang, Penerangan (Emergency Lamp) dan Mobile Air Bersih, serta pemenuhan logistik bagi para pengungsi.

Diketahui, Kelurahan Pengadegan memiliki dua RW kawasan banjir. Lokasinya berada di RT. 005, 006, 007, 008, 009, 010 dan 011/ RW 01, dan RT. 006, 007, 008 dan 009 / RW 02. Dengan jumlah Kepala Keluarga terdampak yakni 851 KK untuk RW 01, dan 267 KK untuk RW 02.

Pihak kelurahan pun telah memiliki sejumlah tempat pengungsian apabila terjadi banjir. Total, ada tujuh lokasi pengungsian yaitu Kantor Kecamatan Pancoran, LIA Pengadegan, SDN 03 Pagi Pengadegan, Madrasah Annasstul Hikmiyah, GOR Kecamatan Pancoran, Rusunawa Pengadegan, dan Ex. Town House, RT. 005/RW 01.

Kelurahan Pengadegan juga telah memiliki Posko Siaga Bencana, yang terletak tepat di lokasi digelarnya Gladi Lapang Kampung Siaga Bencana. Diharapkan, melalui gladi lapang ini, seluruh aparat Pemprov DKI, TNI, Polri, dan elemen masyarakat selalu siap dalam menghadapi ancaman banjir.

Adapun Berbagai personel dikerahkan dalam gladi tersebut. Mulai dari TNI, Polri, Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BASARNAS), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), PMI, serta SKPD terkait seperti Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Suku Dinas (Sudin) Sumber Daya Air (SDA), Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat), Lingkungan Hidup, Kesehatan, Perhubungan Jakarta Selatan, elemen masyarakat serta PPSU. (ibl)



Apa Pendapatmu?