Alexa Metrics

Vaksin Covid-19 dan Protokol 3M Lengkapi Proteksi Kesehatan Masyarakat

Vaksin Covid-19 dan Protokol 3M Lengkapi Proteksi Kesehatan Masyarakat Ahli Epidemiologi dari Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Indonesia, dr. Syahrizal Syarif, MPH,Ph.D

indopos.co.id – Ahli Epidemiologi dari Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Indonesia, dr. Syahrizal Syarif, MPH,Ph.D., mengatakan vaksin sebetulnya adalah intervensi kesehatan terbaik di abad ke-20. Jadi dari semua intervensi kesehatan kata dia, vaksin ini yang terbukti mampu menurunkan angka kematian dan kesakitan.

“Saya kira perlu untuk meyakinkan masyarakat agar menerima vaksin Covid-19. Ini tidak mudah sehingga perlu contoh dari tokoh-tokoh masyarakat”, ujarnya saat dialog Vaksin+3M: Jurus Ampuh Lawan Covid-19 yang diselenggarakan Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), Kamis (3/12/2020).

Selain itu kata Syahrizal, dalam situasi menunggu vaksin, bahkan nanti setelah masyarakat mendapatkan vaksin sekalipun, tetap perlu untuk disiplin menjalankan protokol kesehatan 3M. Yakni memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun.

“Karena vaksin ini pasti pemberiannya bertahap, munculnya kekebalan kelompok di masyarakat juga bertahap,* terang dr. Syahrizal.

Sementara itu, Theodorus Jodimarlo, pengusaha travel, yang terdampak secara ekonomi sejak Pandemi Covid-19, mengatakan sambil menunggu program vaksinasi, dirinya berpesan agar tetap produktif. Meski tidak menjalani aktivitas seperti biasanya namun setidaknya ada hal baru yang bisa dipelajari.

“Tentunya kita dukung program pemerintah agar nanti saat kita bisa keluar seperti dulu lagi, kita bisa keluar dengan lega tanpa ketakutan lagi,” pungkasnya. (dai)



Apa Pendapatmu?