Alexa Metrics

Komunitas Mat Peci Peringati Hari Relawan Sedunia dengan Ekoeduwisata

Komunitas Mat Peci Peringati Hari Relawan Sedunia dengan Ekoeduwisata koyak
indopos.co.id – Komunitas Masyarakat Peduli Ciliwung atau yang dikenal dengan Mat Peci menyelenggarakan Ekoeduwisata guna memperingati Hari Relawan Sedunia, Sabtu (5/12/2020). Dalam Ekoeduwisata tersebut, para relawan diajak untuk melakukan berbagai aktivitas. Salah satunya adalah menyusuri Sungai Ciliwung menggunakan perahu karet. 
Kepala Suku Dinas Lingkungan Hidup Kota Administrasi Jakarta Selatan, Mohamad Amin menuturkan, kelestarian Sungai Ciliwung dan sekitarnya harus selalu dijaga.
“Ini sangat baik. Dengan adanya ekowisata, maka kali ini tentu akan diurus oleh temen-temen dari Karang Taruna juga termasuk dari UPK Badan Air. Mudah-mudahan bagian bawah air nya, sungainya juga bagus, kemudian atasnya tadi kita lihat sendiri sudah rapi. Mudah-mudahan ke depan juga bisa lebih baik lagi, dan bisa digaungkan untuk masyarakat umum,” ujarnya.
Amin menambahkan, para relawan memiliki peran penting dalam hal melestarikan lingkungan di sekitar Ciliwung. Oleh karena itu, dirinya meminta kepada para relawan, untuk selalu berkiprah di dalam bidang tersebut. “Sehingga bisa terus peduli lingkungan. Saya kira ini sangat penting buat ke depan. Supaya lingkungan kita jauh lebih baik. Karena anak-anak muda terlibat,” katanya.
Ketua Komunitas Mat Peci, Usman Firdaus mengatakan, relawan yang turut serta ambil bagian dalam kegiatan ini berasal dari Komunitas Peduli Sungai dan Lingkungan, Karang Taruna, serta dari Mat Peci sendiri. “Kita libatkan generasi di bawah kita. Generasi milenial. Supaya mereka bisa lebih peduli lagi kepada sungai, kepada lingkungan mereka. Kemudian mereka bisa menjadi agen-agen perubahan. Bagaimana mereka bisa mempengaruhi masyarakat luas untuk peduli lingkungan. Minimal di lingkungan sekitarnya,” ujarnya. (ibl)



Apa Pendapatmu?