Alexa Metrics

Aparat 3 Pilar di Jaksel Pantau Penerapan Prokes di Gereja

Aparat 3 Pilar di Jaksel Pantau Penerapan Prokes di Gereja Aparat 3 Pilar yang terdiri dari Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan, Kepolisian Republik Indonesia (Polri) dan Tentara Nasional Indonesia (TNI) keliling patroli untuk memantau protokol kesehatan di gereja-gereja di Jakarta Selatan, Kamis (24/12/2020).

indopos.co.id – Aparat 3 Pilar yang terdiri dari Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan (Jaksel), Kepolisian Republik Indonesia (Polri) dan Tentara Nasional Indonesia (TNI) keliling patroli untuk memantau protokol kesehatan (prokes) di gereja-gereja di Jakarta Selatan, Kamis (24/12/2020).

Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Metro Jakarta Selatan, Komisaris Besar Budi Sartono, Komandan Distrik Militer (Dandim) 0504 Jakarta Selatan, Kolonel Infanteri Ucu Sutiana dan Wakil Wali Kota Jakarta Selatan, Isnawa Adji bersama-sama keliling untuk mengawasi jalannya kegiatan Natal 2020 di wilayah Jakarta Selatan ini.
Berdasarkan pantauan, salah satu lokasi yang didatangi para pejabat itu Gereja Katolik Santo Yohanes Penginjil di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan pda Kamis (24/12/2020) sore ini. Kedatangan tiga pejabat penting di Jakarta Selatan itu disambut oleh pengurus gereja dan Romo di gereja itu. Pengurus gereja memberitahukan kalau gereja itu melaksanakan misa Natal pada malam ini.

Namun, kegiatan Natalan itu tetap dilaksanakan berdasarkan aturan protokol kesehatan, yakni mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak. Bahkan, kuota jemaahnya pun dibatasi untuk tetap menjaga jaga jarak di dalam gereja.

“Kami melakukan patroli pengamanan Natal bersama Dandim dan Wakil Walikota di gereja-gereja yang melaksanakan kegitan misa Natal,” imbuh Kapolres Jakarta Selatan, Kombes Budi Sartono pada wartawan, Kamis (24/12/2020).

Adapun gereja-gereja yang bakal melakukan kegiatan misa Natal telah memberitahukan pada polisi sehingga polisi juga telah menyiapkan personelnya guna pengamanan. Semua itu dilakukan agar kegiatan misa Natal bisa berjalan dengan baik.

Rombongan melanjutkan patrolinya ke gereja-gereja yang ada di Jakarta Selatan, seperti Gereja di Gereja Santo Stevanus Cilandak, Gereja Bahtera Kasih Pasar Minggu, dan Gereja Kharisma Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Adapun rute patroli pam natal oleh Kapolres, Dandim dan Wakil Wali Kota hari ini:

1. Rute 1: Pukul 16.30 start dari mako ke Gereja Santo Yohanes Keb. Baru (misa jam 17.00 s.d 18.30 WIB).
2. Rute 2 : Gereja Santo Stevanus Cilandak (misa jam 18.00 s.d 21.00 WIB).
3. Rute 3 : Gereja Bahtera Kasih Pasar Minggu  (misa jam 19.00 s.d 21.00 WIB).
4. Rute 4 : Gereja Kharisma Keb. Lama (misa jam 19.00 s.d 21.00 WIB).
Karena masih Pandemi Covid – 19, aparat terkait tidak memasuki kedalam gereja, hanya melakukan pengawasan atau pemantauan penerapan protkes dari luar atau gerbang gereja.

Sementara, Wakil Walikota Jakarta Selatan, Isnawa Adji mengatakan, dalam pengecekan protokol kesehatan di gereja, memang pihaknya dan Kepolisian serta TNI tidak masuk karena tidak ingin mengganggu acara Natal dan menghindari kerumunan.

“Di sini kita hanya menanyakan kapasitas, protokol kesehatan dan kesiapan pengamanan dan lainnya,” kata Isnawa Adji dilokasi.

Isnawa mengimbau, di tengah Pandemi Covid-19 ini, sesuai juga dengan seruan Bapak Gubernur kepada umat kristiani tetap menjaga protokol kesehatan tanpa mengurangi khidmat dalam perayaan Natal dan bersama berdoa agar pandemi Covid-19 segera berakhir.

“Dan kita semua bisa beribadah seperti biasa. Libur Natal dan tahun baru di rumah saja hindari perayaan dengan potensi kerumunan yang rawan penyebaran covid,” tutupnya.(ibl)



Apa Pendapatmu?