Alexa Metrics

Piala Dunia Batal, Tunggu Surat Resmi FIFA

Piala Dunia Batal, Tunggu Surat Resmi FIFA EVALUASI – Menpora Zainudin Amali menyampaikan terkait penundaan Piala Dunia U-20. Foto: Dok. Kemenpora

indopos.co.id – Hajatan Piala Dunia U-20 diundur menjadi 2023. Namun, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menunggu pernyataan resmi FIFA. Saat ini, Kemenpora tengah berkoordinasi dengan PSSI.

”Saya belum menerima surat resmi perihal penundaan itu. Saya berharap FIFA merampungkan proses tersebut. Penyampaian melalui laman resmi FIFA sebagai pemberitahuan penundaan. Kami sudah minta PSSI bersurat kepada FIFA agar sah secara administrasi. Sebab, ini berkaitan dengan sejumlah pihak, termasuk Inpres, dan Keppres,” tutur Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali, saat konferensi pers virtual, Senin (28/12/2020).

Zainudin mengaku sudah memberi gambaran kepada FIFA mengenai Pandemi Covid-19 di Indonesia, awal Desember lalu. Intinya, Indonesia siap mementaskan Piala Dunia U-20 di tengah pandemi. ”Apa yang dilakukan sudah kami laporkan. Kami menyiapkan berbagai hal. Kami buat master plan. Semua hasil dikonsultasikan kepada FIFA,” tegas Ketua Panitia Nasional Penyelenggaraan Piala Dunia U-20 (INAFOC) itu.

Mengenai tim nasional (timnas), nanti bakal ada kelanjutan training camp (TC) timnas Indonesia U-20. Pasalnya, jika Piala Dunia ditunda pada 2023, jelas pemain yang dipersiapkan untuk tahun depan tidak masuk syarat untuk tampil pada 2023. ”Kami persiapkan timnas lagi. Itu kewenangan PSSI,” imbuhnya.

Selanjutnya, Kemenpora akan mereview anggaran yang sudah dikeluarkan PSSI untuk TC Timnas. Sesuai kesepakatan awal, penggunaan anggaran PSSI untuk TC berakhir pada 31 Desember 2020. ”Itu menyangkut administrasi, khususnya nanti Deputi IV Kemenpora akan berdiskusi dengan PSSI mengenai pertanggungjawabannya,” beber Zainudin.

Zainudin mempersilakan PSSI melakukan TC jangka panjang. Namun, PSSI harus terlebih dulu menyerahkan proposal rencana untuk langkah selanjutnya. (bam)



Apa Pendapatmu?