Alexa Metrics

Persiapan Piala Dunia 2023, Shin Tae-yong Bakal Latih Timnas U-16

Persiapan Piala Dunia 2023, Shin Tae-yong Bakal Latih Timnas U-16 Pemain Timnas U-16 saat berlatih di Stadion Patriot Bekasi beberapa waktu lalu. Foto: Dok. PSSI

indopos.co.id – PSSI belum bisa memastikan apakah Shin Tae-yong akan mengambil alih kepelatihan tim nasonal (timnas) U-16 untuk tampil di Piala Dunia U-20 yang akan digelar 2023 mendatang.

Penetapan itu baru akan diputuskan setelah Ketua PSSI, bersama Exco dan Direktur Teknik menggelar rapat pekan depan.

”Ya, baru minggu depan akan dibicarakan oleh Ketum PSSI dengan Exco dan Dirtek tentang program timnas berikut pelatihnya,” ujar Plt Sekjen PSSI Yunus Nusi saat dihubungi indopos.co.id melalui pesan singkat WhatsApp, Selasa (29/12/2020).

Seperti diketahui FIFA menunda perhelatan Piala Dunia U-20 2021. Tingginya penularan virus COVID-19 secara global membuat FIFA memutuskan penundaan gelaran piala dunia usia 20 tahun tersebut. FIFA berencana baru kembali menggulirkan perhelatan sepakbola usia muda akbar sejagat raya itu pada 2023 mendatang.

Dengan keputusan ini, sudah hampir dipastikan Timnas Indonesia U-19 yang saat ini disiapkan untuk tampil di Piala Dunia U-20 yang direncanakan pada 2021 sirna. Karena rentang usia mereka sudah tidak memungkinkan lagi bermain.

Tentunya hal ini membuat timnas Indonesia U-16 besutan Bima Sakti hampir dipastikan tim yang akan berlaga di Piala Dunia U-20 yang akan bdigelar pada 2023 mendatang.

Yunus menambahkan PSSI akan menggelar rapat Exco, bisa jadi kemungkinan Shin Tae-yong akan mengambil alih Timnas Indonesia U-16 sebagai persiapan Piala Dunia U20 pada 2023 mendatang.

”Ketum PSSI akan menyampaikan ke Exco kembali untuk membuat program penyiapan di tahun yang akan datang, ketika ada perubahan jadwal Piala Dunia,” jelas Yunus juga.

Ia menambahkan, Timnas Indonesia U-19 saat ini hanya menyisakan tiga pemain yang masih memiliki kesempatan bermain di Piala Dunia U-20 2023 nanti. Jadi, timnas yang lain bisa disiapkan untuk bermain di SEA Games 2021.

”Pertama untuk yang U-19 berangkat, ada tiga pemain yang masih bisa bermain di Piala Dunia 2023 nanti. Yakni, ada Kakang, Rudianto dan Erlangga Setyo,” ujar Yunus juga. (bam)



Apa Pendapatmu?