Alexa Metrics

Antisipasi Kerumunan Massa di Malam Tahun Baru

Antisipasi Kerumunan Massa di Malam Tahun Baru AKHIR 2020 – Warga berjalan menyeberangi Jalan Jenderal Sudirman di Jakarta, Selasa (22/9/2020).

indopos.co.id – Petugas Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menerapkan Car Free Night dan Crowd Free Night untuk mencegah timbulnya kerumunan massa saat Malam Tahun Baru 2021 di Jakarta.

Alasannya, sekarang ini masih masa Pandemi Covid-19. “Pelaksanaan Car Free Night dan Crowd Free Night akan dilakukan dua ruas jalan utama yakni di Jalan Sudirman-Thamrin dan Banjir Kanal Timur,” ujar Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yugo di Jakarta, Rabu (30/12/2020).

Sambodo menjelaskan, konsep Car Free Night adalah pembatasan dengan tidak memperkenankan kawasan yang dimaksud dimasuki kendaraan baik roda dua maupun roda empat.

Sedangkan Crowd Free Night adalah pembatasan dengan tidak memperkenankan kawasan yang dimaksud dimasuki oleh pejalan kaki, pesepeda, dan lain-lain. “Crowd Free Night tidak boleh ada kerumunan dan tidak boleh dilalui pejalan kaki, pesepeda dan lain lain, jadi betul betul kita lakukan sterilisasi di Sudirman-Thamrin dan BKT,” tambah dia.

Adapun pelaksanaan Car Free Night dan Crowd Free Night di Jalan Sudirman-Thamrin dan Banjir Kanal Timur akan dilaksanakan mulai 20.00 WIB sampai pukul 03.00 WIB. Sambodo juga mengatakan petugas akan melakukan pengawasan ketat di titik laininya yang biasa menjadi lokasi berkumpul ketika malam Tahun Baru.

Petugas berpatroli skala besar untuk membubarkan kerumunan di seputaran tempat wisata seperti Ancol, Kota Tua, TMII, Kemang, Pasar Baru, Kelapa Gading dan lain sebagainya. “TNI-Polri dan Pemda akan membubarkan kerumunan dan akan melakukan rapid test kepada yang masih coba-coba berkerumun,” kata dia.

Tujuan penerapan Car Free Night dan Crowd Free Night tidak lain adalah mengawal protokol kesehatan Covid-19 di ibu kota. Sebanyak 8.179 personel gabungan dari unsur TNI-Polri dan Pemprov DKI Jakarta telah disiapkan. (ant/rul)



Apa Pendapatmu?