Alexa Metrics

Ada Perbedaan Hasil Pengujian Vaksin Sinovac di Sejumlah Negara

Ada Perbedaan Hasil Pengujian Vaksin Sinovac di Sejumlah Negara Ilustrasi

indopos.co.id – Kini, uji klinis Vaksin Sinovac masih dilakukan di Bandung, Jawa Barat. Data interim tiga bulan mengenai efektivitas vaksin akan diterima otoritas terkait pada awal pekan pertama Januari 2021.

Demikian diungkapkan Kepala Badan pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Penny Kusumastuti Lukito dalam jumpa pers bersama menteri Luar Negeri RI, Rabu (30/12/2020).

Sementara Turki dan Brazil baru-baru ini mengumumkan efektivitas Vaksin Sinovac berdasarkan hasil uji klinis di negara masing-masing.

Menurut data interim uji klinis fase III di Turki yang dirilis 24 Desember 2020, Vaksin Sinovac terbukti 91,25 persen efektif. Para ilmuwan negara itu juga menyebut relawan vaksin tidak menunjukkan efek samping yang signifikan dalam masa uji coba.

Sementara pada 23 Desember 2020, ilmuwan Brazil yang menjalankan uji klinis fase akhir menyatakan bahwa Vaksin Sinovac memiliki efektivitas lebih dari 50 persen. Namun hasil lengkapnya masih ditahan agar tak dirilis, atas permintaan perusahaan. (ant/rul)



Apa Pendapatmu?