Alexa Metrics

PPSU Bangka Ciptakan Perahu Rakitan Banjir

PPSU Bangka Ciptakan Perahu Rakitan Banjir INOVASI – Petugas PPSU tengah mencoba perahu rakitan khusus evakuasi korban banjir. Foto: IQBAL/INDOPOS

indopos.co.id – Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) Kelurahan Bangka menciptakan perahu rakitan. Inovasi tersebut untuk mengantisipasi banjir.

Perahu rakitan terbuat dari barang bekas. Misalnya, derigen, papan, dan batangan besi. Perahu itu, diberikan kepada ketua RW untuk mengevakuasi warga saat terjebak banjir. Tentu, inovasi itu mendapat beragam apresiasi.

Pembuatan perahu itu, tindak lanjut dari pimpinan untuk membentuk Kampung tangguh bencana di lokasi-lokasi rawan bencana di Kelurahan Bangka. ”Di Kelurahan Bangka terdapat titik-titik rawan bencana. Ada tiga titik bencana banjir khususnya ada di RW 2, RW 3, dan 4. Di mana, masing-masing RW, ada satu RT paling terdampak,” tutur Camat Mampang Prapatan Jaharuddin, Rabu (30/12/2020).

Perahu rakitan itu, bentuk bantuan khususnya untuk Kelurahan Bangka. Perahu itu, khusus sarana evakuasi. ”Nah, itu teman-teman PPSU, ya membuat semacam kreasi atau inovasi ya kalau bisa dikatakan teknologi tepat guna,” ucapnya.

Pemberian perahu itu, merupakan bentuk antisipasi menghadapi musim penghujan terhadap lokasi rawan banjir. Sejumlah usaha mengantisipasi musim penghujan telah dilakukan. Misalnya, pengerukan saluran, kali, dan kerja bakti tiap minggu. ”Kita menyerahkan tiga perahu rakitan untuk RT 003/02, RT 012/03, dan RT 011/04. Untuk RT 012/04 diberi pelampung dan tambang karena jalur evakuasinya kecil,” tambah Lurah Bangka Nofia Enita. (ibl)



Apa Pendapatmu?