Video

Frank Caprio, Hakim yang Punya Hati

INDOPOS.CO.ID - Frank Caprio adalah seorang hakim di Kota Providence, di negara bagian Rhode Island, Amerika Serikat. Dalam pengambil keputusan, dia selalu melihat sisi lain dari pelanggar hukum dan menentukan solusi terbaik bagi pelanggar sesuai dengan hukum yang berlaku, namun juga dengan nilai-nilai kemanusiaan.

”Saya tidak mempunyai lencana di bawah jubah yudisial saya. Saya punya hati. Saya mencoba memperlakukan orang-orang yang datang (hadir di pengadilan, Red) seperti yang orang tua saya ajarkan, yaitu dengan martabat dan rasa hormat,” ujarnya dalam sebuah wawancara.

Caprio ingin orang-orang yang datang ke pengadilan merasa bahwa institusi pemerintahan selalu ada untuk rakyat, dari rakyat, dan oleh rakyat. ”Saya mendorong semua orang untuk melihat kebaikan dalam setiap pribadi orang lain. Anda akan terkejut betapa mudah untuk menemukannya,” tandasnya.

Ketika orang-orang datang ke hadapannya, Caprio mencoba untuk bersabar karena yang mereka inginkan hanyalah kesempatan untuk menceritakan kisah mereka. ”Saya hanya melakukan apa yang ayah saya ajarkan. Keseimbangan dan keadilan, juga memperlakukan setiap orang dengan sopan santun dan rasa hormat,” ujarnya.

”Ayah saya adalah pahlawan saya. Bukan karena dia adalah seorang atlet hebat yang mencetak skor di ring ataupun memukul jauh bola baseball. Tapi karena ia selalu bangun setiap pukul 04.00 setiap pagi. Saat dia sakit dan dalam keadaan lemah, dia tetap pergi bekerja. Dia melakukan itu semua untuk kami, keluarganya,” katanya.

Beberapa tayangan di Youtube dalam judul “Caught in Providence” menggambarkan bagaimana Caprio mengambil keputusan secara bijak dan manuasiwi. Terkadang keputusannya juga melibatkan anak dari terdakwa. Berikut salah satu tayangan dimana Caprio mengambil keputusan dengan mengajak anak-anak mendekati meja hakim.(fay)

Video Lainnya